Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Warna Cat yang Bisa Merusak Suasana Santai di Rumah

Kompas.com - 25/05/2024, 11:21 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah harus menjadi tempat paling nyaman untuk bersantai setelah menghabiskan hari yang sibuk di luar rumah. 

Salah satu cara termudah untuk menciptakan suasana santai di rumah yaitu dengan mengecat dinding menggunakan warna yang menenangkan. 

Baca juga: 4 Warna Cat Kamar Mandi yang Tidak Disarankan Para Desainer

Namun, saat mengecat rumah, terkadang pemilik rumah melakukan kesalahan saat memilih warna cat yang justru bisa merusak suasana santai dan tenang di rumah tersebut. 

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (25/5/2024), berikut ini beberapa warna cat yang bisa merusak suasana santai di rumah

Merah dan oranye

Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah.SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah.

Warna merah bisa menjadi pilihan untuk desain yang berani, namun warna ini bisa menjadi ide buruk jika ingin mendesain ruangan yang mengutamakan rasa tenang dan santai. 

Baca juga: Makna Warna Merah Menurut Feng Shui dan Penggunaannya

Maka dari itu, warna merah kurang cocok untuk kamar tidur atau kamar mandi karena bisa mengganggu ketenangan di ruangan tersebut. 

Shay Holland, seorang desainer juga mengatakan jika ingin rumah terasa lebih santai, maka warna-warna energik seperti merah dan oranye sebaiknya tidak dipilih. Warna energik seperti oranye dan merah bisa memicu kecemasan, sehingga sebaiknya dihindari. 

Sementara itu, Samantha Gallacher dari IG Workshop menyarankan untuk menggunakan warna terakota karena bisa memberikan kesan tenang di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Oranye

Kuning

Selanjutnya, warna cat yang bisa merusak suasana santai di rumah yaitu warna kuning. Menurut Alice Arterberry dan Barrett Cooke dari Arterberry Cooker, warna kuning termasuk warna terburuk untuk suasana santai karena bisa meningkatkan rasa khawatir dan waspada. 

Warna berani atau warna dengan finishing mengkilap

Semakin berani tampilan sebuah warna, maka semakin kecil kemungkinannya untuk memberikan kesan santai. 

Tamarra Younis seorang desainer interior dari Union of Art, bahkan mengingatkan untuk tidak menggunakan warna berani dan warna mengkilap di ruangan yang ingin dibuat lebih tenang. 

Baca juga: Tips Memilih Finishing Cat untuk Setiap Ruangan

Warna sangat gelap

Plafon ruang tamu berwarna gelapShutterstock/ImageFlow Plafon ruang tamu berwarna gelap

Terakhir, warna cat yang bisa merusak suasana santai di rumah yaitu warna yang sangat gelap. Menurut Holland, warna yang sangat gelap bisa memberikan dampak negatif pada emosional manusia. 

Meskipun kamar berwarna hitam sedang menjadi tren, namun warna ini sebenarnya tidak direkomendasi untuk ruangan yang perlu dibuat tenang seperti kamar tidur.

Jika ingin menggunakan warna gelap, namun tetap ingin menghadirkan suasana santai, maka pilihlah warna canggih seperti hunter green. 

Selain itu, apabila ingin ruangan terasa gelap, namun tetap tenang, maka pertimbangkan untuk meletakkan sofa kulit berwarna gelap, tirai jendela dengan warna dalam, atau aksesori ruangan berwarna hitam dan cokelat.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com