Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Kamar Mandi Kecil, Bikin Nyaman dan Indah

Kompas.com - 20/05/2024, 16:46 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi yang kecil menjadi tantangan dalam mendekorasi dan menatanya. Hal ini tak lain keterbatasan lahan atau ruang yang dimiliki. 

Namun, sebetulnya, dengan penataan tepat, kamar mandi kecil dapat disulap menjadi ruangan yang nyaman dan fungsional. 

Baca juga: 6 Ide Kamar Mandi Minimalis yang Bersih dan Sederhana

Selain itu, estetika kamar mandi bisa dimaksimalkan dengan pemilihan dekorasi yang sesuai.

Meski memiliki tantangan tersendiri, mendekorasi kamar mandi kecil dapat mendorong Anda untuk menjadi lebih kreatif, gaya fleksibel, dan berfungsi dengan cara baru yang menarik.

Tak hanya itu, mendekorasi kamar mandi kecil mudah dilakukan, bahkan tanpa perlu membeli barang baru. 

Dilansir dari The Spruce, Senin (20/5/2024), berikut cara mendekorasi kamar mandi kecil agar terlihat nyaman dan estetik.

Jadikan kamar mandi bersih 

Ilustrasi kamar mandi berwarna netral dan hangatShutterstock/Cinematographer Ilustrasi kamar mandi berwarna netral dan hangat
Menyelubungi bak mandi tua atau memasang tirai pada bilik shower mungkinh menjadi salah satu pilihan menggoda untuk diterapkan.

Namun, sebelum menerapkannya, sebaiknya mempertimbangkan  desain partisi kaca bening yang dapat memberikan kesan luas pada ruangan.

Jika menutup bak mandi dengan tirai shower, ini bisa membuat Anda kehilangan potensi dekoratif di sekeliling shower itu sendiri.

Ubin berwarna berani atau ubin di sekeliling shower bermotif adalah cara ybagus untuk memberikan energi pada mandi kecil. 

Baca juga: Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Lebih Besar

Berikan pencahayaan tambahan 

Selanjutnya, cara mendekorasi kamar mandi kecil agar terlihat nyaman dan estetik adalah memberikan pencahayaan tambahan. 

Di kamar mandi kecil, sebagian besar luas ruangan diisi shower atau bak mandi. Karena itu, sebaiknya, mengubahh shower atau bak mandi menjadi “pembuat pernyataan”.

Amhad Freeman, desainer interior dan pendiri Amhad Freeman Interiors--sebuah firma yang menawarkan jasa desain interior asal Amerika Serikat, menyarankan menambahkan pencahayaan pada ceruk shower. 

“Saya suka menempatkan pencahayaan di ceruk kamar mandi karena tidak memerlukan pencahayaan di atas kepala di kamar mandi lagi,” kata Freeman.

Menurutnya, hal ini akan mengubah ceruk menjadi tempat utama untuk menyoroti barang-barang dekoratif, seperti sabun premium, sampo, bahkan bunga. 

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Kecil, Cantik dan Nyaman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com