Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Lahir Pancasila 1 Juni Apakah Siswa Libur Sekolah?

Kompas.com - 26/05/2024, 07:17 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Lahir Pancasila akan dirayakan masyarakat Indonesia pada 1 Juni 2024 mendatang.

Sebagai wujud nasionalisme, Hari Lahir Pancasila adalah peringatan momen bersejarah awal mula dasar negara Indonesia ditetapkan. 

Momen ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Tetapi, apakah Hari Lahir Pancasila siswa sekolah SD, SMP, SMA libur?

Apakah hari lahir Pancasila siswa libur sekolah?

Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni masuk dalam Hari Libur Nasional. Artinya, siswa tetap libur sekolah pada tanggal ini. 

Baca juga: Minggu Depan Libur Sekolah 4 Hari buat Siswa SD, SMP, SMA, Ada Apa?

Aturan tanggal merah, diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor: 855 Tahun 2023, Nomor: 3 Tahun 2023, dan Nomor: 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Penerbitan SKB Tiga Menteri ini dilakukan dalam rangka efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi pedoman bagi instansi pemerintah dan swasta dalam melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2024.

Baca juga: Jadwal Libur Sekolah SD, SMP, SMA Tahun 2024 di 38 Provinsi

Hanya saja, Hari Libur Pancasila jatuh pada hari Sabtu yang merupakan libur reguler.

Selain Hari Libur Pancasila, siswa masih bisa menikmati libur sekolah berdasarkan hari libur nasional bulan Juni berikut ini:

  • 17 Juni (Senin) Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah
  • 18 Juni (Selasa) Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Awal mula sejarah Hari Lahir Pancasila, dimulai dari pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Pidatonya pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Dilansir dari laman Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpol) Kabupaten Madiun, awal mula kemerdekaan Indonesia berdasarkan kekalahan Jepang pada perang pasifik.

Hingga akhirnya, Jepang memberi sinyal hijau untuk kemerdekaan Indonesia. Lalu dibentuklah lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut. Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai.

Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara. Sidang berjalan sekitar 5 hari.

Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com