Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Eng Hian Soal Cedera Apriyani di Uber Cup 2024

Kompas.com - 01/05/2024, 06:45 WIB
Egi Dinda Janviera,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar kurang menyenangkan datang dari wakil ganda putri dan kapten Timnas Indonesia di Piala Uber, Apriyani Rahayu.

Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian, mengungkapkan bahwa kondisi fisik Apriyani Rahayu tidak akan 100 persen fit saat menghadapi Jepang di laga fase grup Piala Uber 2024.

Baca juga: Thomas Uber Cup 2024, Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu Jadi Kapten Tim

Pertandingan Indonesia vs Jepang di Grup C Uber Cup 2024 akan digelar di Chengdu Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasiun, China, Rabu (1/5/2024) pukul 08.30 WIB. 

Seperti diketahui, Apriyani Rahayu  mengalami cedera betis kanan yang dinilai masih perlu menjalani pemulihan. 

Imbasnya, Apriyani kini istirahat dulu dengan pelatih Eng Hian memasangkan partnernya, Siti Fadia Silva Ramadhanti dengan Lanny Tria Mayasary. 

Sebelumnya, Eng Hian menampilkan Lanny Trias Mayasari/Rachel Allessya Rose saat melawan Uganda.

“Memang ini keputusan yang harus diambil. Memasangkan Fadia dengan Lanny dan tidak memecah Rachel/Trias,” kata Eng Hian dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Uber Cup 2024, Indonesia Vs Hong Kong Tanpa Apriyani/Fadia

Menurut sang pelatih, Apriyani juga membutuhkan waktu beristirahat untuk menimalisir cedera yang dialaminya agar tidak semakin memburuk.

“Alasannya untuk Apri proses pemulihan dan penguatan cederanya terus membaik, saya melihat ada kemajuan di saat latihan tetapi saya juga merasa risiko terlalu besar untuk dia bila harus langsung menghadapi laga ketat melawan Jepang,” ucapnya.

Tidak hanya Apriyani, Eng Hian juga mengungkapkan kondisi terkini anak didiknya yang lain.

“Sementara untuk Ribka, kondisinya belum 100 persen. Sempat terserang flu sejak beberapa hari terakhir. Semalam kami sudah membawa dia ke rumah sakit dan hari ini kondisinya sudah berangsur pulih,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pelatih Eng Hian kepada Fadia: Jangan Patah Semangat!

Lebih lanjut, Eng Hian berharap kondisi fisik Ribka bisa terus meningkat di sisa waktu menjelang perempat final Piala Uber 2024.

“Saya berharap saat perempat final nanti, Ribka sudah siap kembali diturunkan,” kata sang pelatih dengan panggilan akrab Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com