Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Bulu Tangkis SEA Games 2023: Kunci Fikri/Bagas Ubah Tegang Jadi Menang

Kompas.com - 11/05/2023, 18:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, mempersembahkan poin pertama untuk Merah Putih di final bulu tangkis SEA Games 2023.

Duel antara Indonesia dan Malaysia di final bulu tangkis SEA Games 2023 nomor beregu putra berlangsung di Morodok Techo Badminton Hall, Kamboja, Kamis (11/5/2023) sore WIB. 

Fikri/Bagas mengalahkan Beh Chun Meng/Goh Boon Zhe dengan skor 21-12, 22-20 dan membawa Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1. 

Sebelumnya, Indonesia kehilangan poin setelah tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo kalah dari Leong Jun Hao dengan skor 16-21, 13-21. 

Baca juga: Hasil Final Bulu Tangkis SEA Games 2023: Fikri/Bagas Menang, Indonesia Vs Malaysia 1-1

Seusai pertandingan, Fikri/Bagas mengaku sempat tegang sebab mereka turun bertanding ketika Indonesia tertinggal 0-1. 

"Di pertandingan hari ini kami sangat tegang karena final beregu dan sedang tertinggal 0-1," kata Bagas dalam keterangan PBSI yang diterima Kompas.com. 

"Walau permainan kami kurang yakin, tetap berusaha untuk menyelesaikan pertandingan dengan baik," tutur Bagas. 

"Kami saling menenangkan satu sama lain. Itu kunci kami bisa menang tadi," ungkap Bagas menambahkan. 

Baca juga: Takluk dari Wakil Malaysia di Final SEA Games 2023, Chico Akui Sulit Kendalikan Permainan

Fikri/Bagas yang menang 21-12 pada gim pertama, mendapatkan perlawanan lebih ketat pada gim kedua. Bahkan, mereka selalu tertinggal sebelum berbalik unggul 16-15. 

Diakui Fikri bahwa situasi tersebut membuat mereka tertekan. Teriakan penonton di Morodok Techo Badminton Hall juga membuatnya dan Bagas kian tegang. 

"Di gim kedua kami tertinggal lima poin, itu membuat kami semakin tertekan. Kondisi hall yang bising membuat kami semakin tegang. Apalagi, instruksi pelatih kurang terdengar," ujarnya. 

Meski demikian, Fikri/Bagas terus berkomunikasi dan berusaha bangkit hingga akhirnya berhasil memastikan kemenangan. "Gemuruh dan tensi pertandingannya memang sangat menggebu-gebu. Jadi, kami harus saling mengingatkan untuk tenang agar kembali ke permainan terbaik," ungkapnya. 

"Kami coba berusaha bangkit, percaya kemampuan diri sendiri dan partner juga. Sangat lega dan senang bisa menyamakan kedudukan," tutur Fikri. 

Kemenangan Fikri/Bagas kemudian diikuti oleh tunggal putra Chritian Adinata yang berhasil mengalahkan Lee Shun Yang dengan skor 21-17, 21-9. 

Dengan demikian, Indonesia saat ini unggul 2-1 atas Malaysia.

Saat ini, ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan sedang bertanding di partai keempat.

Pramudya/Yeremia melawan Chia Weijie/Liew Xun dan kalah 13-21 pada gim pertama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com