Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final BWF World Championship 2022, Wakil Malaysia Siap Habis-habisan Lawan Ahsan/Hendra

Kompas.com - 27/08/2022, 17:51 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber BWF

TOKYO, KOMPAS.com - Ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mengaku siap tampil habis-habisan pada final BWF World Championship atau Kejuaraan Dunia 2022.

Lawan Chia/Soh di final BWF World Championship 2022 nanti adalah unggulan ketiga asal Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Ahsan/Hendra lolos ke final terlebih dahulu setelah mengalahkan junior mereka, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, via rubber game pada Sabtu (27/8/2022).

Skor akhir kemenangan Ahsan/Hendra atas Fajar/Rian adalah 23-21, 12-21, dan 21-16.

Sama seperti Ahsan/Hendra, Chia/Soh juga harus bertanding tiga gim selama lebih dari 50 menit untuk meraih tiket final BWF World Championship 2022.

Lawan Chia/Soh pada babak semifinal adalah unggulan ketujuh asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Baca juga: BWF World Championship 2022, Ahsan/Hendra Sangat Terasa Tak Mau Kalahnya...

Perjuangan Chia/Soh untuk mengalahkan Rankireddy/Shetty sangat tidak mudah karena mereka sempat tertinggal kalah 20-22 pada gim pertama.

Chia/Soh kemudian bangkit menyapu bersih dua gim selanjutnya dengan skor 21-18 dan 21-16. 

Total durasi pertandingan Chia/Soh vs Rankireddy/Shetty mencapai 77 menit.

Seusai laga, Soh Wooi Yik mengaku sangat bersyukur karena dirinya dan Aaron Chia berhasil bangkit mengatasi perasaan gugup setelah kehilangan gim pertama.

"Pertandingan ini tidak mudah. Kami selalu gugup ketika menghadapi semifinal. Jadi, kami sangat puas karena berhasil bangkit di gim kedua," kata Soh Wooi Yik dikutip dari BWF.

"Kemenangan di gim kedua meningkatkan kepercayaan diri kami. Fokus dan pola pikir kami sekarang sangat bagus. Sejak awal turnamen, kami hanya fokus ke penampilan diri sendiri," ujar Soh Wooi Yik.

"Tidak peduli seberapa bagus lawan, kami hanya ingin fokus ke diri sendiri dan memainkan permainan kami," ucap Soh Wooi Yik.

Baca juga: Perjalanan Ahsan/Hendra ke Final BWF World Championship, Usia Bukan Halangan

Kemenangan atas Rankireddy/Shetty membuat Chia/Soh sukses mengakhiri penantian lebih dari dua tahun untuk kembali ke final turnamen BWF.

Chia/Soh juga sukses mencetak sejarah sebagai ganda putra Malaysia pertama yang lolos ke final Kejuaraan Dunia BWF dalam satu dekade terakhir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com