Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Zii Jia Sudah Berpikir Jadi Pemain Profesional sejak Awal 2021

Kompas.com - 27/01/2022, 13:20 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber Bernama

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra nomor satu Malaysia, Lee Zii Jia, mengungkapkan bahwa dirinya telah mempertimbangkan mengambil jalur independen sebagai pemain profesional sejak tahun lalu.

Pemain 23 tahun tersebut, yang berasal dari Alor Setar, Kedah, menuturkan bahwa performanya yang tidak konsisten menjadi dasar pertimbangan.

Tiga turnamen di Thailand, dimulai dari Yonex Thailand Open, kemudian Toyota Thailand Open, dan terakhir BWF World Tour Finals 2020, yang semuanya digelar di Bangkok pada Januari 2021, menjadi bukti.

Baca juga: Lee Zii Jia Dikabarkan Dapat Tawaran Gaji Rp 3,4 Miliar Jika Bertahan di BAM

"Saya bertanya kepada diri sendiri, apakah ini akhir? Tetapi, pelatih saya mengatakan kepadaku bahwa ini adalah proses yang harus saya lalui," ujar Lee Zii Jia dalam wawancara dengan Astro Arena pada Rabu (26/1/2022), dikutip dari kantor berita Malaysia, Bernama.

"Kemudian saya membuat keputusan akhir untuk keluar dari Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) setelah perjalanan kami ke Eropa akhir tahun lalu."

Pemain nomor tujuh dunia ini juga mengonfirmasi bahwa dirinya ingin membentuk tim sendiri yang berbasis di Malaysia.

Meski pemain profesional, dia berkomitmen tetap mewakili negaranya dalam turnamen major, seperti Piala Thomas, Asian Games 2022, dan Olimpiade Paris 2024.

Baca juga: Respons Lee Chong Wei Saat Tahu Lee Zii Jia dan BAM Berdamai

"Saat saya mengajukan surat pengunduran diri (ke BAM), saya siap menghadapi skenario terburuk tidak boleh bermain selama dua tahun," ujarnya.

"Tetapi, saya tidak pernah berpikir untuk mengubah status kewarganegaraan saya atau pergi ke luar negeri."

Pada Jumat, 21 Januari 2022, BAM mengumumkan bahwa mereka tidak akan mendaftarkan Lee Zii Jia untuk turnamen apa pun dalam jangka waktu dua tahun efektif mulai 18 Januari.

Ini dilakukan setelah juara SEA Games 2019 itu menyerahkan suratnya untuk keluar dari BAM pada 11 Januari.

Namun, Presiden BAM Tan Sri Mohamad Norza Zakaria pada Selasa, 25 Januari, memberi Lee Zii Jia lampu hijau.

BAM tetap mengizinkan peraih gelar All England 2021 tersebut menjadi pemain profesional setelah menerima bandingnya dan mengadakan diskusi dengannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com