Sudah Ada 50 Ribu Apps di Toko Aplikasi Microsoft

Kompas.com - 28/12/2011, 14:34 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft meluncurkan Windows Phone 7 di Eropa menjelang akhir Oktober tahun 2010.  Kemudian diluncurkan di Amerika Utara pada minggu kedua November 2010. Platform Windows Phone merupakan redesain dari  platform Windows Mobile dan memiliki hubungan dengan sejumlah perangkat lunak termasuk Microsoft Office dan XBox Live.

Satu tahun dua bulan sejak peluncurannya, perangkat Microsoft Windows Phone sekarang telah memiliki 50 ribu aplikasi. Data ini dikutip CNet dari blog "All About Windows Phone".  Lebih dari sepertiga jumlah aplikasi ditambahkan dalam tiga bulan terakhir dan hampir 16 persen ditambahkan dalam 30 hari terakhir.

Aplikasi di Windows Store memang sempat mencapai angka 50.126 apps, tetapi sekitar 6000 aplikasi yang telah dihapus dari toko aplikasi tersebut dari waktu ke waktu, sehingga jumlah total di AS adalah 42.655 aplikasi. Microsoft sendiri hanya menargetkan 40 ribu aplikasi dan sudah tercapai bulan lalu. Tanggal 12 Desember 2011, jumlah aplikasi sudah mencapai 45 ribu.

Dari data tersebut, sebanyak 58 persen dari total jumlah aplikasi merupakan aplikasi gratis. Sebanyak 14 persen lainnya adalah aplikasi yang berbayar disertai dengan masa trial. Hanya 29 persen yang merupakan aplikasi berbayar penuh. Berdasarkan kategori konten, jumlah aplikasi terbanyak adalah untuk kategori game, buku dan referensi, serta tools dan produktivitas.

Namun, volume aplikasi di toko aplikasi Microsoft ini masih tetap jauh dari pesaingnya. App Store milik Apple, misalnya, telah memiliki 500 ribu aplikasi pada Mei 2011. Sebanyak 150 ribu aplikasi diterbitkan hanya dalam waktu 4 bulan.

Begitu pula dengan Google. Berdasarkan data analitik dari perusahaan Distimo, di Android Market memiliki 360.297 aplikasi untuk digunakan pengguna ponsel Android di bulan Oktober 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.