IDC: Windows Phone Lampaui iPhone pada 2015

Kompas.com - 13/06/2011, 15:00 WIB
EditorTri Wahono

WASHINGTON, KOMPAS.com - Aliansi strategis antara Microsoft dan Nokia untuk mengembangkan Windows Phone sebagai platform smartphone diperkirakan bakal sukses. Pangsa pasar Windows Phone diprediksi terus meningkat dan akan melampaui iOS yang digunakan iPhone buatan Apple pada 2015.

Lembaga riset IDC dalam laporan survei terakhirnya menyatakan bahwa pada 2015 pangsa pasar Windows Phone sebesar 20,3 persen. Sementara iOS hanya 16,9 persen. Pangsa pasar terbesar masih akan digenggam Android dengan 43,8 persen.

Perkiraan pangsa pasar Windows Phone tersebut cukup mengejutkan mengingat sampai akhir tahun ini, IDC memprediksi Windows Phone hanya menguasai 3,8 persen. Android di peringkat pertama dengan 38,9 persen, disusul Symbian dari Nokia 20,6 persen, kemudian iOS 18,2 persen.

Masih masih menjadi pemegang pangs apasar terbesar kedua, Nokia telah memutuskan untuk tidak lagi fokus mengembangkan Symbian dan beralih ke Windows Phone. Meski demikian, dukungan terhadap pengembangan Symbian masih akan dipertahankan setidaknya sampai 2016.

IDC memperkirakan sebanyak 1 miliar perangkat smartphone akan didistribusikan pada 2015 atau lebih dari dua kali lipat tahun ini yang diperkirakan baru 472 juta unit. Turunnya harga per unit handset dan ongkos akses data yang semakin murah mendorong permintaan smartphone di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.