Cuma Butuh 3 Bulan, New Sonic ”Tikam” Satria FU

Kompas.com - 13/11/2015, 16:37 WIB
New Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria FU 150. Kristanto Purnomo/ KompasImagesNew Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria FU 150.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Tanda-tanda Honda New Sonic 150R mengusik ketenangan Suzuki Satria FU 150 kini makin kentara. Pertarungan bebek ”ayam jago” sejak tiga bulan terakhir membuktikan bahwa konsumen sepeda motor di segmen khusus ini butuh penyegaran. Untuk pertama kalinya, Satria FU tumbang dalam hal penjualan.

Mengacu pada data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), New Sonic yang menempel sejak pertama kali dijual secara penuh pada Agustus 2015 akhirnya mengungguli penjualan Satria FU 150 pada Oktober 2015. Praktis hanya butuh tiga bulan untuk ayam jago Honda itu melibas ayam jago Suzuki yang selama ini tak ada tandingan.

Tercatat bulan lalu, New Sonic 150R terjual 9.411 unit. Sementara Satria FU 150 pada Oktober 2015 penjualannya tinggal 5.744 unit. Tanda-tanda Sonic bakal melesat sudah ada sejak Agustus, terjual 8.413 unit, lalu September menempel tipis di angka 7.136 unit.

Di sisi lain, Satria FU 150 sebenarnya tetap stabil di awal kemunculan Sonic pada Agustus dan September yang terjual masing-masing 8.692 unit dan 7.588 unit. Namun penurunan drastis terjadi bulan lalu, mencapai 24,3 persen. Persaingan pun mulai memanas dalam beberapa bulan ke depan.

Yamaha MX-King
Meski bukan masuk di deretan ayam jago, namun Yamaha MX-King yang dikatakan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai ”bebek super” tetap menjadi ”peserta” paling sukses dalam adu gengsi bebek 150 cc di Indonesia.

Penjualan pada Oktober 2015 lalu memang turun drastis akibat lesunya pasar, menjadi 9.474 unit dibandingkan September 2015 yang masih berada di kisaran 12.000-an unit. Namun tetap saja, jumlah itu masih di atas para ayam jago.

Persaingan masih akan terjadi hingga akhir tahun, dan tetap menarik untuk diperhatikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.