Kompas.com - 03/07/2015, 15:56 WIB
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Pertarungan skutik gambot antara Honda PCX dan Yamaha NMAX bakal berlangsung sengit. Meski Yamaha boleh dikatakan sedang di atas angin dengan positifnya penjualan NMAX sejak diluncurkan, Honda sedang menyiapkan strategi baru.

PT Astra Honda Motor (AHM) mendatangkan PCX dengan status impor utuh (Completely Built-up/CBU) dari Vietnam. Harga jual PCX pun melambung tinggi sampai hampir menembus Rp 40 juta, (Rp 39,8 juta).

Sementara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), melepas NMAX dengan harga yang cukup berani di bawah Rp 30 juta atau Rp 27,9 juta buat versi ABS. Sementara versi non-ABS dilepas Rp 23,5 juta. Rentang harga yang cukup jauh itu membuat NMAX melaju sendirian.

AHM ternyata tidak tinggal diam dan sedang menyiapkan langkah untuk memproduksi secara lokal PCX. "Kami sedang pelajari langkah memproduksi PCX secara lokal. Memang ada peluang terbuka untuk serius di segmen tersebut," jelas sumber internal AHM kepada KompasOtomotif, Kamis (3/6/2015).

Hanya saja produksi lokal PCX tidak digulirkan dalam waktu dekat. AHM sedang fokus pada persiapan peluncuran dua model terbarunya yang akan dilakukan di tahun ini. "Ada dua model baru yang sedang kami siapkan, fokus ke sana dulu," jelas sumber itu lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.