Kompas.com - 22/05/2014, 08:40 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Debut global Yamaha R25 di Indonesia pada 20 Mei lalu sukses merebut perhatian dunia. Situs pemesanan online, iwantyamahar25.com, yang telah dibuka pada pukul 00.00 WIB dini hari ini, Kamis (22/5/2014) dibanjiri pengunjung, tidak hanya dari dalam negeri tapi juga mancanegara.

Dari data terakhir hingga pukul 19.00 WIB (21/5/2014), tercatat website dibuka 74.832 pengunjung.  Sekitar 67 persen (50 ribu pengunjung) berasal dari Indonesia, sementara sisanya datang dari Jepang 8 ribu pengunjung, India 3 ribu pengunjung, Amerika Serikat 2 ribu pengunjung, Taiwan dan Malaysia masing-masing seribu pengunjung. Masih ada lagi negara lain, Thailand, Kolombia, bahkan Estonia.

“Pengunjung memang mulai naik pada pukul 7 malam dan masih terus naik. Menariknya memang ada yang berasal bukan dari Indonesia. Agak aneh juga, tapi saya pikir ini bukti R25 diminati di seluruh dunia,” terang Eko Prabowo, GM Marketing Communication and Community Yamaha Indonesia Motor Manufaturing kepada KompasOtomotif, Rabu (21/5/2014).

Yamaha Indonesia Data pengunjung situs resmi Yamaha R25 per pukul 19.00 WIB, Rabu (21/5/2014).

Meski demikian, peminat dari luar negeri terpaksa “gigit jari”, pasalnya kuota 500 pemesan di situs yang hanya dibuka dalam waktu 25 jam ini tidak melayani pemesan selain Indonesia. “Yang dilayani hanya domestik,” tegas Eko.

Khusus di Indonesia, 16 persen pengunjung mengakses dari wilayah Jakarta, diikuti Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Medan, Semarang, Denpasar, Tangerang, dan Malang.  

Berat
Dari hasil pengamatan pada pukul 00.00 WIB, situs resmi dibuka namun agak berat diakses. Kejadian ini mirip saat situs pemesanan Yamaha R15 resmi dibuka. Di halaman utama sudah tersedia pilihan menu cara pemesanan dan inden.

Terdapat beberapa ketentuan yang wajib diperhatikan, data identitas harus valid, sebab akan digunakan untuk pembuatan STNK dan BPKB, registrasi hanya boleh dilakukan sekali, dan tidak boleh mengganti pilihan warna. Pemesan juga wajib menyerahkan booking fee sebesar Rp 1 juta kepada rekening atas nama perusahaan fasilitator, PT Nadyne Media Tama, sebelum 30 Mei 2014. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.