Suzuki RM-Z450 Kini Dilengkapi "Traction Control"

Kompas.com - 17/05/2014, 11:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Motorcycle
Tokyo, KompasOtomotif - Suzuki memperkenalkan generasi terbaru RM-Z450 dengan teknologi baru Holesot Assist Control (S-HAC). Fungsinya mirip seperti traction control pada mobil, yang mengatur kekuatan daya cengkram ban terhadap lintasan (traksi).

Jadi, motocross ini mampu menawarkan traksi yang ideal, baik dalam kondisi jalan licin maupun kering. Dalam kondisi jalan licin, mode A mampu mengurangi slip ban pada permukaan tanah, sehingga akselerasi saat start berjalan lancar. Mode ini bekerja hingga 1,2 detik atau sampai gigi ketiga, dan kondisi traksi kembali normal.

Dalam kondisi jalan kering, mode B. menawarkan akselerasi yang lebih agresif memanfaatkan traksi lebih baik di ban. Mode ini berkerja selama 4,5 detik, ketika berpindah ke gigi empat, atau menutup total gas.

Suzuki/Motocycle.com Tombol Suzuki
Sistem operasinya juga mudah, cukup menekan tombol yang tersedia di stang kiri. Ada indikator lampu yang berkedip lambat jika Mode A digunakan. Sedangkan lampu berkedip cepat jika Mode B digunakan. Sistem ini juga bisa di non-aktifkan sesuai keinginan pengendara.

Suspensi
Bekalan baru lain yang ditawarkan pada model terbaru ini adalah suspensi depan pasokan dari "Showa SFF-Air Front Fork". Jadi, garpu bagian kanan menggunakan tabung udara meninggalkan pegas konvensional yang ada pada suspensi pada umumnya.

Mampu mengurangi bobot dan bisa diatur kekuatan daya pantulnya dengan pompa tangan. Suzuki mengklaim kalau bobot garpu ini lebih ringan 1,1 kg dari model sebelumnya.

Suzuki/Motocycle.com Suspensi depan kanan menggunaka tabung udara.
Jantung pacu
Urusan mesin, masih mengandalkan 449 cc, satu silinder tapi dengan penyempurnaan. Bentuk engkol starter kini lebih panjang 30 mm dengan desain baru. Transmisi juga diperbaiki untuk start lebih cepat. Sistem dekompresi mesin diklaim lebih efisien, sementara saluran pembuangan didesain ulang supaya lebih mudah menyalakan mesin.

Sistem pendinginan juga diperbaiki, dengan aliran cairan dari kiri menunju kanan radiator. Suzuki mengklaim aliran cairan pendingin jadi lebih deras 16 persen dari sebelumnya. Pompa dan selang juga diperbaiki sehingga sistem pendinginan mesin jadi lebih efisien.

Suzuki/Motocycle.com Radiator juga diperbarui dengan sistem pendinginan lebih efektif.
Untuk model yang dipasarkan di Amerika Serikat, Suzuki menawarkan knalpot baru yang lebih "sopan" suaranya dengan tingkat kebisingan maksimum 115 dB. Rangka juga tak luput dari perbaikan dengan bentuk baru sehingga lebih kokoh dan mampu mengurangi bobot sampai 4 persen. Bobot sepeda motor ini diklaim 112,03 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com