Suzuki RM-Z450 Kini Dilengkapi "Traction Control"

Kompas.com - 17/05/2014, 11:40 WIB
Generasi terbaru Suzuki RM-Z450 diperkenalkan. Suzuki/Motocycle.comGenerasi terbaru Suzuki RM-Z450 diperkenalkan.
|
EditorAris F. Harvenda
Tokyo, KompasOtomotif - Suzuki memperkenalkan generasi terbaru RM-Z450 dengan teknologi baru Holesot Assist Control (S-HAC). Fungsinya mirip seperti traction control pada mobil, yang mengatur kekuatan daya cengkram ban terhadap lintasan (traksi).

Jadi, motocross ini mampu menawarkan traksi yang ideal, baik dalam kondisi jalan licin maupun kering. Dalam kondisi jalan licin, mode A mampu mengurangi slip ban pada permukaan tanah, sehingga akselerasi saat start berjalan lancar. Mode ini bekerja hingga 1,2 detik atau sampai gigi ketiga, dan kondisi traksi kembali normal.

Dalam kondisi jalan kering, mode B. menawarkan akselerasi yang lebih agresif memanfaatkan traksi lebih baik di ban. Mode ini berkerja selama 4,5 detik, ketika berpindah ke gigi empat, atau menutup total gas.

Suzuki/Motocycle.com Tombol Suzuki
Sistem operasinya juga mudah, cukup menekan tombol yang tersedia di stang kiri. Ada indikator lampu yang berkedip lambat jika Mode A digunakan. Sedangkan lampu berkedip cepat jika Mode B digunakan. Sistem ini juga bisa di non-aktifkan sesuai keinginan pengendara.

Suspensi
Bekalan baru lain yang ditawarkan pada model terbaru ini adalah suspensi depan pasokan dari "Showa SFF-Air Front Fork". Jadi, garpu bagian kanan menggunakan tabung udara meninggalkan pegas konvensional yang ada pada suspensi pada umumnya.

Mampu mengurangi bobot dan bisa diatur kekuatan daya pantulnya dengan pompa tangan. Suzuki mengklaim kalau bobot garpu ini lebih ringan 1,1 kg dari model sebelumnya.

Suzuki/Motocycle.com Suspensi depan kanan menggunaka tabung udara.
Jantung pacu
Urusan mesin, masih mengandalkan 449 cc, satu silinder tapi dengan penyempurnaan. Bentuk engkol starter kini lebih panjang 30 mm dengan desain baru. Transmisi juga diperbaiki untuk start lebih cepat. Sistem dekompresi mesin diklaim lebih efisien, sementara saluran pembuangan didesain ulang supaya lebih mudah menyalakan mesin.

Sistem pendinginan juga diperbaiki, dengan aliran cairan dari kiri menunju kanan radiator. Suzuki mengklaim aliran cairan pendingin jadi lebih deras 16 persen dari sebelumnya. Pompa dan selang juga diperbaiki sehingga sistem pendinginan mesin jadi lebih efisien.

Suzuki/Motocycle.com Radiator juga diperbarui dengan sistem pendinginan lebih efektif.
Untuk model yang dipasarkan di Amerika Serikat, Suzuki menawarkan knalpot baru yang lebih "sopan" suaranya dengan tingkat kebisingan maksimum 115 dB. Rangka juga tak luput dari perbaikan dengan bentuk baru sehingga lebih kokoh dan mampu mengurangi bobot sampai 4 persen. Bobot sepeda motor ini diklaim 112,03 kg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Motorcycle
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.