SBY Kumpulkan Rektor UI, ITB, UGM, dan ITS

Kompas.com - 19/03/2012, 21:12 WIB
Penulis Hindra Liu
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan empat rektor perguruan tinggi di Indonesia.

Keempat rektor yang diundang ke Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/3/2012), itu adalah Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Soemantri, Rektor Institut Teknologi Bandung Akhmaloka, Rektor Universitas Gadjah Mada Sudjarwad, serta Rektor Institut Teknologi Surabaya Triyogi Yuwono.

Seusai bertemu, Presiden mengatakan bahwa pertemuan itu membahas soal rencana pemerintah memproduksi sarana transportasi yang efisien dan ramah lingkungan. Kendaraan mobil dan motor yang efisien menjadi penting, terutama terkait semakin mahalnya harga minyak dunia. Presiden dan rektor juga membahas soal mobil elektrik alias tanpa bahan bakar.

"Para rektor melaporkan bahwa proses untuk menghadirkan motor dan mobil yang bersumber pada listrik terus berjalan. Bahkan ada timeline-nya, kapan bisa dikenalkan kepada rakyat kita," kata Presiden pada jumpa pers di Kantor Presiden, Senin malam.

Pada pekan lalu, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengumpulkan para rektor seluruh Indonesia. Pada pertemuan itu, kedua menteri menyampaikan alasan kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi. Pascapertemuan, beredar kabar bahwa para rektor menerima paket wisata keluarga dari pemerintah. Sebagai imbalannya, para pimpinan perguruan tinggi itu diminta meredam aksi mahasiswa yang menolak kenaikkan harga BBM. Namun, hal ini dibantah oleh Nuh.

"Terlalu murah harga segitu, bahkan tidak ada harganya karena ini menyangkut masalah moral dan etika. Program paket wisata itu sama sekali tidak benar," kata Nuh.

Selain itu, Presiden juga telah bertemu dengan para gubernur dari seluruh Indonesia, serta bupati dan wali kota, di kediamannya di Puri Cikeas Indah, Kamis (15/3/2012) pekan lalu. Pada saat itu, Presiden meminta para gubernur serta bupati dan wali kota mendukung rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keesokan harinya, giliran Wakil Presiden Boediono mengumpulkan para gubernur, bupati, dan wali kota. Senada dengan Presiden, Boediono meminta para kepala daerah itu untuk mendukung kebijakan kenaikan BBM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.