Siswa SMA Muhammadiyah Kudus Ciptakan Penghemat Bensin

Kompas.com - 17/03/2012, 13:28 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

 

KUDUS, KOMPAS.com - Sejumlah siswa yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Muhammadiyah, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membuat dan mengembangkan alat penghemat bensin. Alat itu dinamai pipa huruf S.

Siswa Kelas IPA 1 SMA Muhammadiyah M Ferdian Akbar, Sabtu (17/3/2012), mengatakan, pipa huruf S terbuat dari tembaga yang dibentuk seperti spiral. Alat itu mampu menghemat 20-50 persen bensin per kilometernya tergantung sepeda motornya.

Ide dasar alat itu dari lampu petromak yang rusak. Di dalam lampu itu ada pipa spiral yang bisa mengubah minyak tanah menjadi uap dan menghidupkan lampu petromak.

"Berdasarkan hasil uji coba sepeda motor Honda Supra X 125 CC, tanpa alat itu, 1 liter bensin bisa untuk 50 kilometer. Namun dengan alat itu, satu liter bensin bisa untuk 64 kilometer atau hemat 28 persen," kata Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.