Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Aroma yang Dibenci Kucing, Salah Satunya Kopi

Kompas.com - 28/05/2022, 21:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai aroma yang tidak disukai kucing perlu diketahui, terutama oleh orang yang memelihara hewan berbulu tersebut.

Sama seperti manusia, kucing pun tidak suka terhadap sejumlah aroma. Dengan indra penciuman yang sangat sensitif, kucing dapat menghindar atau menunjukkan perilaku lainnya ketika mencium aroma yang dibencinya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (24/5/2022), berikut ini 12 aroma yang tidak disukai kucing, seperti yang dilansir dari Love to Know.

1. Kotak pasir yang kotor

Salah satu aroma yang paling dibenci kucing adalah kotak pasir yang kotor. Kotak pasir yang sudah lama tidak dibersihkan dapat membuat kucing menghindar dan enggan menggunakannya.

Jika sudah begitu, kucing pun lebih memilih membuang kotoran sembarangan. Oleh sebab itu, pastikan membersihkan kotak pasir kucing peliharaan secara rutin.

Baca juga: 5 Penyebab Bulu Kucing Kusam dan Kulit Jadi Kering, Apa Saja?

2. Aroma kucing lain

Kucing memang tidak masalah dengan aroma kucing lain yang telah dikenalnya, namun tidak dengan aroma kucing baru di rumah.

Aroma kucing lain yang baru dikenalnya bisa membuat kucing gelisah, bahkan dapat membuat kucing lama buang air kecil di berbagai sudut rumah untuk menandakan area tersebut adalah daerah kekuasaannya.

3. Ikan busuk

Bau ikan busuk merupakan salah satu aroma yang tidak disukai kucing. Jangan menyodorkan ikan atau daging yang sudah basi, karena kucing tidak akan menyukai apalagi memakannya.

4. Buah dan sayuran tertentu

Sejumlah buah dan sayuran memiliki aroma yang harum, namun tidak semuanya disukai kucing. Tomat, bawang merah, dan bawang putih adalah beberapa aroma yang dapat membuat sistem penciuman kucing terganggu.

5. Pisang

Kucing sangat tidak menyukai bau pisang karena etil asetat yang terdapat dalam kulit pisang.

Baca juga: Ternyata Kucing Bisa Mengenali Wajah dan Mengingat Nama Pemiliknya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com