Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Terbaru KRL yang Berlaku Mulai 28 Mei 2022

Kompas.com - 28/05/2022, 20:20 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Rute terbaru KRL perlu diketahui oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di Jabodetabek dan terbiasa melakukan mobilitas menggunakan kereta.

Menurut PT KAI Commuter, rute baru KRL akan berlaku mulai 28 Mei 2022. Penyesuaian switch over (SO) kelima di Stasiun Manggarai yang nantinya menjadi stasiun sentral melandasi perubahan jalur KRL.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (24/5/2022), Vice President (VP) Corporate Communication Secretary Commuter, Anne Purba mengatakan, terdapat penyesuaian grafik perjalanan kereta api (Gapeka) KRL Commuterline untuk Lintas Bogor dan Lintas Bekasi atau Cikarang.

"Pola operasi KRL Commuterline akan mengalami perubahan yang cukup signifikan untuk Bogor Line dan Bekasi atau Cikarang Line," kata Anne, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/5/2022).

Akan tetapi, rute baru KRL untuk Lintas Bekasi atau Cikarang akan dibagi menjadi dua skema operasi, yaitu full racket atau looping dan half racket.

Baca juga: Rincian Rute KRL Terbaru, Berlaku Mulai 28 Mei 2022

Rute baru KRL Bogor-Jakarta yang berlaku 28 Mei 2022

Dengan berlakunya rute baru KRL pada 28 Mei 2022, berikut ini beberapa penyesuaian yang akan dilakukan di sejumlah jalur KRL terbaru:

- KRL Lintas Cikarang tak lagi menuju Stasiun Jakarta Kota melainkan ke Stasiun Angke atau Kampung Bandan via Manggarai atau Pasar Senen.

- KRL Line Loop dengan tujuan Bogor-Angke atau Jatinegara akan dinonaktifkan.

- KRL Lintas Bogor hanya akan menuju Stasiun Jakarta Kota melewati Jalur Layang Stasiun Manggarai.

Dalam pelaksanaan SO 5 ini, rute KRL terbaru untuk Lintas Bogor hanya akan melayani relasi Bogor, Depok, Nambo menuju Jakarta PP via Stasiun Manggarai.

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api dengan Membawa Hewan Peliharaan Saat Mudik

Adapun seluruh jalur KRL terbaru pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Manggarai.

Sementara itu, penumpang KRL yang menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Bekasi, bisa melakukan transit di Stasiun Manggarai dan menunggu keberangkatan di peron jalur 6 atau 7.

Rute baru KRL Lintas Cikarang atau Bekasi yang berlaku 28 Mei 2022

Rute baru KRL Lintas Cikarang atau Bekasi akan melayani dua skema operasi, yakni:

1. Full Racket (Looping)

Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com