7 Tips Mencuci Celana Jeans Agar Warnanya Tidak Pudar

Kompas.com - 28/05/2022, 07:40 WIB

KOMPAS.com - Mencuci baju maupun celana tidak bisa sembarangan. Sebab ada beberapa jenis pakaian terbuat dari bahan yang mudah rusak, melar, atau luntur. Salah satu item fashion yang perlu perlakuan khusus dalam mencucinya adalah celana jeans.

Mencuci celana jeans bila tidak tepat malah bisa membuat warna cepat memudar serta menjadi melar. Padahal, dilansir dari Good Housekeeping, Kamis (20/1/2022), celana jeans berkualitas dapat bertahan satu dekade jika mencuci dan merawatnya dengan benar.

Agar warnanya tidak cepat memudar dan tetap awet dipakai, berikut ini adalah cara mencuci celana jeans yang bisa Anda coba.

Baca juga: Antipudar, Ini Cara Tepat Mencuci Celana Jeans

1. Gunakan detergen yang tepat

Untuk mencuci celana jeans Anda bisa menggunakan detergen yang biasa digunakan untuk pakaian berwarna. Namun ini disarankan dilakukan pada celana jeans hitam atau gelap.

2. Membalikkan bagian dalam celana jeans

Sebelum mencucinya, disarankan untuk membalikkan celana jeans bagian dalam terlebih dahulu. Cara ini membantu mencegah pewarna mengalir saat dicuci dan mencegahnya memudar di bawah sinar matahari jika Anda akan menjemurnya di luar ruangan.

Ilustrasi celana jeans hitam.Shutterstock/sasimoto Ilustrasi celana jeans hitam.

3. Rendam menggunakan air hangat dan garam saat pertama kali dicuci

Tidak sedikit orang yang baru mencuci celana jeans-nya dalam jangka waktu yang lama semenjak dibeli. Nah, ketika hendak mencuci jeans untuk pertama kali, ada cara yang bisa dilakukan agar warnanya tidak menjadi pudar.

Cara ini disarankan oleh ahli binatu di Good Housekeeping. Caranya adalah, sebelum dicuci rendam terlebih dahulu celana jeans dalam air hangat yang telah ditambahkan garam.

Ini akan membantu mengatur pewarna. Selalu cuci dengan warna gelap serupa lainnya untuk berjaga-jaga jika warnanya luntur.

Baca juga: Ketahui Jenis Celana Jeans dari Proses Produksi, Warna, dan Bentuknya

4. Jangan menunggu saat siklus pencucian berakhir

Apabila mencuci celana jeans dengan mesin cuci, keluarkan jeans dari tabung segera setelah siklus pencucian berakhir. Ini dapat mencegah kerutan pudar yang mengerikan muncul pada permukaan kain.

5. Jangan terlalu sering mencucinya

Perlu diingat bahwa celana jeans bukan jenis item fashion yang harus sering dicuci. Sebab
terlalu sering mencuci celana jeans malah dapat memperpendek usia penggunaan dan memudarkan warnanya dengan cepat. Karena itu hindari mencuci celana jeans dalam frekuensi yang sering.

Ilustrasi tumpukan celana jeansskynetphoto Ilustrasi tumpukan celana jeans

6. Lakukan pengeringan dengan mudah

Seiring waktu, pengeringan dapat merusak serat lycra (juga disebut elastane) yang membuat celana jeans yang stretch menjadi elastis atau melar. Untuk itu, disarankan mengeringkan celana jeans secara alami.

Baca juga: Lebih Awet, Ini 5 Cara Membersihkan Celana Jeans Tanpa Mesin Cuci

7. Cuci dengan tangan

Cara ini dikhususkan bagi celana jeans yang dihiasi manik-manik, kancing, atau kristal. Jika Anda memiliki celana jeans jenis ini, disarankan untuk mencucinya dengan tangan agar hiasan tidak terlepas di mesin cuci.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi | Editor: Esra Dopita Maret)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.