9 Tanaman yang Bisa Mengusir Nyamuk dari Rumah

Kompas.com - 22/05/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membasmi nyamuk di rumah, seperti dengan menggunakan krim atau larutan anti nyamuk, atau obat nyamuk bakar maupun elektrik.

Akan tetapi, semua alat pembasmi nyamuk itu mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping bagi kesehatan serta berbahaya bila dijangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

Lebih baik coba cara membasmi nyamuk secara alami, salah satunya dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Dilansir dari DIY and Crafts melalui KOMPAS.com, berikut ini 9 tanaman pembasmi nyamuk di dalam rumah.

1. Sereh atau serai

Selain dapat menambah cita rasa masakan, sereh atau serai ternyata juga bisa mengusir nyamuk dari rumah. Tanaman yang dikenal juga dengan sebutan Citronella ini sering digunakan sebagai bahan larutan penyemprot nyamuk.

Baca juga: 4 Pupuk yang Cocok untuk Tanaman Anggrek

Sereh memiliki aroma khas yang segar dan kuat, namun tak disukai oleh nyamuk. Oleh sebab itu, letakkan tanaman sereh di luar dan dalam ruangan agar tak ada lagi nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

2. Lavender

Tanaman pembasmi nyamuk selanjutnya adalah lavender. Sama seperti sereh, lavender pun sering dijadikan bahan larutan pengusir nyamuk.

Lavender memiliki aroma yang menenangkan bagi manusia, tetapi tidak untuk nyamuk. Aroma khas yang kuat dari tanaman lavender mampu mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.