Tak Patuh Minum Obat Hipertensi Tingkatkan Risiko Stroke dan Jantung

Kompas.com - 22/05/2022, 11:54 WIB
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Dokter spesialis jantung dr Devie Caroline Sp.JP, FIHA, memperingatkan agar penderita hipertens atau tekanan darah tinggi agar rutin mengonsumsi obat.

Sebab, jika penderita tidak patuh minum obat memiliki risiko lebih tinggi terkena komplikasi kardiovaskular, yakni stroke dan penyakit jantung.

"Kepatuhan minum obat jika kurang optimal akan menyebabkan hipertensi menjadi tidak terkontrol. Akibatnya, meningkatkan risiko komplikasi kardiovaskluar seperti stroke dan penyakit jantung iskemik," kata Devie dilansir Antaranews.com, Jumat (20/5/2022).

Menurut Devie, memang minum obat bukan hal pertama yang harus dilakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Gaya hidup sehatlah yang menjadi kunci.

Namun jika menerapkan gaya hidup sehat tidak berhasil, maka cara selanjutnya adalah dengan rutin meminum obat.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, kata Devie, prvalensi hipertensi di Indonesia berada di angka 34,11 persen.

Sebanyak 13,3 persen di antaranya tidak minum obat sama sekali dan 32,3 persen tidak rutin meminum obat.

Sebagian besar alasan penderita tidak meminum obat tekanan darah tinggi ini adalah karena merasa sehat (59,8 persen).

Baca juga: Tips Menjaga Tekanan Darah Saat Lebaran agar Tak Hipertensi

Lalu alasan lainnya adalah kunjungan tidak teratur ke fasilitas pelayanan kesehatan (31,3), dan minum obat tradisional (14,5 persen), dan menggunakan terapi lain (12,5 persen).

Selanjutnya alasan lain tidak meminum obat hipertensi adalah tidak mampu membeli obat (8,1 persen), takut efek samping obat (4,5 persen), dan obat hipertensi tak tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan (2 persen).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.