Tak Berpotensi Jadi Pandemi, Kenapa Hepatitis Akut Misterius Masuk Kategori Kejadian Luar Biasa?

Kompas.com - 22/05/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan Penyakit Hepatitis Akut Misterius masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) dan tidak berpotensi menjadi pandemi berikutnya setelah Covid-19.

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) dalam pemberitaan sebelumnya (17/5/2022) mengatakan bahwa jika melihat perkembangan kasusnya, hepatitis akut diprediksi tidak akan menjadi pandemi.

“Makanya WHO juga bilang (Hepatitis Akut Misterius) Kejadian Luar Biasa (KLB) aja,” kata Piprim.

Namun, apa sebenarnya perbedaan antara penyakit yang tergolong Kejadian Luar Biasa dan pandemi?

Termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB)

Berdasarkan keterangan Kementrian Kesehatan, Kejadian Luar Biasa adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian dan/atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu, dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada terjadinya wabah.

Baca juga: Meski Belum Ditemukan Kasusnya, Sulawesi Tengah Waspadai Hepatitis Akut

Penyelidikan epidemiologi adalah penyelidikan yang dilakukan untuk mengenal sifat-sifat penyebab, sumber dan cara penularan serta faktor yang dapat memengaruhi timbulnya wabah.

Sementara itu, wabah adalah peningkatan kejadian penyakit secara mendadak ketika jumlah kasus melebihi prediksi normal untuk suatu lokasi atau periode waktu tertentu.

Peningkatan kasus penyakit ini dapat terjadi pada sekelompok populasi yang kecil dan terlokalisasi atau pada ribuan orang di seluruh benua.

Seperti yang terjadi pada Hepatitis Akut Misterius. Penyakit ini tiba-tiba mengalami mengalami lonjakan kasusnya di sejumlah negara di dunia, dan masih sedang diselidiki penyebab utamanya.

Hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini bukan ditimbulkan oleh virus penyebab Hepatitis A, C, C, D dan E.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.