Kenapa Korea Utara Tolak Bantuan Vaksin hingga 2 Juta Orang Diduga Covid-19?

Kompas.com - 21/05/2022, 19:35 WIB

KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) masih bergulat dengan penanganan Covid-19 hingga diduga hampir 2 juta penduduk terinfeksi.

Namun negara tersebut belum menjalankan program vaksinasi Covid-19 dan tidak memiliki standar medis untuk infeksi virus SARS-CoV-2.

Kasus Covid-19 di Korea Utara terus melonjak. Data dari Worldometer menunjukkan bahwa kasus positif Covid-19 di Korea Utara tembus 1,7 juta kasus hingga Rabu (18/5/2022) pukul 08:55 GMT.

Berdasarkan data tersebut, jumlah pasien yang sembuh dilaporkan mencapai 1 juta orang. Sementara yang meninggal tercatat 62 orang.

Ambil pasokan medis di China

Korea Utara mengirim tiga pesawat kargo terbesarnya ke China untuk mengambil pasokan medis guna menangani penyebaran wabah Covid-19, kata laporan media lokal.

Baca juga: Update Corona 21 Mei 2022: Korea Utara Catat 2,2 Juta Kasus dalam Seminggu

Laporan media pemerintah tidak merinci berapa banyak kasus dan kematian yang dites positif Covid, tetapi para ahli mengatakan bahwa sistem kesehatan Korut yang rapuh akan kesulitan menguji dan mendiagnosis pada skala ini.

Korea Selatan menawarkan bantuan untuk mengatasi kasus corona Korea Utara, tetapi Pyongyang belum menanggapinya.

Sementara itu, China--satu-satunya negara perekonomian utama yang masih mempertahankan kebijakan nol Covid--juga menawarkan bantuan ke Korea Utara.

Meskipun tidak ada konfirmasi resmi dari kedua pihak, tampaknya Korea Utara menerimanya. Ini terlihat dari pengiriman tiga pesawat kargo Air Koryo ke Shenyang untuk mengambil pasokan medis, lapor kantor berita Korea Selatan Yonhap minggu ini.

Pesawat-pesawat itu adalah pesawat kargo angkut IL-76 buatan Soviet yang mampu membawa 50 ton barang, beberapa dari pesawat terbesar yang dimiliki Korea Utara, kata laporan itu.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.