Termasuk Indonesia, Ini Daftar Negara yang Sudah Melonggarkan Penggunaan Masker

Kompas.com - 21/05/2022, 17:12 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan baru terkait penggunaan masker. Setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19, Pemerintah kini melonggarkan penggunaan masker di luar ruangan.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam pernyataan resmi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” ujar Jokowi, dikutip dari Setkab.go.id, Selasa (17/05/2022).

Kebijakan ini didasari oleh situasi penyebaran Covid-19 di Indonesia yang mulai terkendali. Meski begitu kategori masyarakat tertentu tetap disarankan untuk beraktivitas dengan masker.

Baca juga: Masyarakat Boleh Tak Pakai Masker Lagi, Syaratnya di Luar Ruangan atau Area Terbuka

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022). ANTARA FOTO/BPMI/rwa.ANTARA FOTO/BPMI Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan terkait cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/4/2022). ANTARA FOTO/BPMI/rwa.

Di antaranya adalah masyarakat lansia serta mereka yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

“Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” ujarnya.

Indonesia jelas bukan negara pertama yang telah melonggarkan kebijakan bermasker di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sebelumnya, per 26 April 2022 Pemerintah Singapura telah mengizinkan warganya untuk tidak menggunakan masker di ruang publik serta di tempat kerja yang terdiri dari maksimal 10 orang.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Pemerintah Malaysia. Mulai 1 Mei 2022, Malaysia tidak lagi mewajibkan warganya mengenakan masker di luar ruangan. Masker hanya digunakan di dalam ruangan dan transportasi umum.

Lebih dulu lagi ada Amerika Serikat dan Inggris. Kedua negara tersebut telah membebaskan penggunaan masker bagi warganya ketika berada di luar ruangan.

Ilustrasi masker Ilustrasi masker

Baca juga: 43 Negara Ini Sudah Tak Wajibkan Penduduknya Pakai Masker

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.