Cara Daftar BPJS Secara Online Lewat Aplikasi Mobile JKN

Kompas.com - 21/05/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Cara daftar BPJS Kesehatan perlu diketahui oleh masyarakat, selain untuk mendapatkan layanan kesehatan dari negara, kini kepesertaan BPJS Kesehatan juga menjadi syarat bagi berbagai kepentingan administrasi.

Dengan terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, masyarakat bisa menerima layanan kesehatan dengan biaya murah bahkan gratis.

Hal itu sesuai dengan UU Nomor 24 tahun 2011 mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional. UU tersebut menerangkan bahwa seluruh warga Indonesia harus terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Oleh sebab itu, setiap perusahaan wajib mendaftarkan buruhnya menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Sementara itu, masyarakat yang tidak bekerja di perusahaan dapat mendaftar secara mandiri untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Baca juga: 21 Layanan Kesehatan dan Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Pihak BPJS Kesehatan pun telah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak mendaftar dengan menyediakan layanan pendaftaran secara online melalui ponsel.

Cara daftar BPJS online

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar program BPJS Kesehatan secara online adalah dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN di ponsel.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (9/1/2022), berikut ini cara daftar BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN:

- Download aplikasi Mobile JKN di Google Play Store atau App Store.

- Klik Daftar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.