Kenapa Orang Suka Nonton Film Horor? Ini Alasannya

Kompas.com - 15/05/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini, film horor KKN di Desa Penari ramai ditonton masyarakat Indonesia dengan jumlah penonton yang tembus hingga 5 juta orang.

Jumlah penonton ini dianggap cukup tinggi, mengingat film KKN di Desa Penari ini baru 9 hari, usai tayang perdana di seluruh bioskop Indonesia pada Sabtu, 30 April 2022.

Kisah di dalam film horor yang satu itu diambil dari cerita dengan judul yang sama dan sempat viral di media sosial pada tahun 2019 lalu.

Melihat antusiasme penonton film horor ini dan banyak judul film horor lainnya, artinya banyak orang yang senang sekali menonton kisah-kisah horor menyeramkan seperti itu.

Bahkan jika dilihat di berbagai akun YouTube yang ada, channel yang mengemas atau mengangkat isu-isu bertopik horor dan menyeramkan juga memiliki banyak sekali viewers atau penontonya.

Lantas, kenapa orang suka nonton film horor?

Praktisi Psikolog di Kota Solo, Hening Widyastuti mengatakan bahwa ada banyak hal yang membuat banyak orang cenderung menyukai tontonan dengan unsur-unsur horor di dalamnya.

Baca juga: Dampak Buruk FIlm Horor bagi Anak, Gangguan Tidur hingga Kecemasan

Menghibur dan meningkatkan semangat

Tidak hanya itu, rasa menakutkan dan menegangkan itu pula dapat memunculkan keringat di bagian-bagian tertentu tubuh, yang dapat meningkatkan rasa semangat bergairah dan menghibur bagi penonton.

Rasa semangat dan menghibur ini juga merupakan pengaruh dari hormon adrenalin yang ditimbulkan dari suasana menakutkan dan menegangkan dari film horor yang disajikan.

Di saat seseorang merasa ketakutan dan khawatir, hormon adrenalin yang muncul saat nonton film horor dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk merasakan sakit juga berkurang.

Memicu rasa adrenalin

Dijelaskan Hening, pada dasarnya manusia menyukai hal-hal yang membuat diri kita merasa tertantang adrenalinnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.