6 Cara Mengusir Kucing Liar yang Datang ke Rumah

Kompas.com - 14/05/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Cara mengusir kucing liar yang datang ke rumah biasanya dibutuhkan oleh masyarakat yang tidak menyukai kehadiran hewan berbulu itu di tempat tinggalnya karena berbagai faktor, baik dengan alasan kesehatan, kebersihan, atau yang lainnya.

Selain itu, kemunculan kucing liar pun kerap tidak diharapkan oleh mereka yang telah memelihara kucing di rumahnya. Para pemelihara kucing itu biasanya khawatir dengan keamanan atau kesehatan peliharaannya.

Dilansir dari PET MD melalui KOMPAS.com, American Society for the Prevention of Cruelty to Animals atau Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (ASPCA), ada puluhan juta kucing liar di Amerika Serikat.

Jumlah kucing liar juga cukup besar di Inggris. Di negara tersebut diperkirakan terdapat sembilan juta kucing liar.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta (DKPKP), jumlah kucing yang terdata di Jakarta sepanjang 2018 mencapai 29.504 ekor.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Kencing Kucing dari Sofa, Kasur, dan Karpet

Jumlah itu merupakan gabungan antara kucing liar yang ditangkap saat penertiban, kucing yang divaksinasi (berpemilik), kucing yang disterilisasi (berpemilik), serta kucing liar yang disterilisasi di beberapa lokasi.

Alasan kucing liar datang ke rumah

Ada berbagai faktor yang membuat kucing liar datang ke rumah, termasuk mencari makan, membutuhkan interaksi dengan manusia, dan sebagainya.

Bagi orang yang tidak merasa hal itu bukan suatu masalah, tentu kucing liar yang datang ke rumahnya akan diberi makanan atau bahkan kasih sayang.

Akan tetapi, bagi yang tidak menyukainya, mengusir kucing liar dan memastikan hewan berbulu itu tidak datang kembali adalah solusi terbaik.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (5/5/2022), berikut ini cara mengusir kucing liar yang datang ke rumah, seperti yang dilansir dari The Spruce.

Baca juga: Cara Menangkal Kucing Liar Tak Buang Kotoran di Taman Rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.