Cara Mengatasi Hama Kutu Putih dengan Bawang Putih dan Cabai Rawit

Kompas.com - 14/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa jenis hama yang paling sering menyerang tanaman, salah satunya adalah kutu putih atau yang dikenal juga dengan sebutan kutu kebul.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI melalui KOMPAS.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membasmi kutu putih pada tanaman, termasuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Salah satu cara membasmi hama kutu putih di tanaman secara alami adalah dengan memanfaatkan bawang putih dan cabai rawit.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (10/1/2022), berikut ini cara membuat pestisida alami dari bawang putih dan cabai rawit untuk membasmi hama kutu putih pada tanaman.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • 5 siung bawang putih
  • 0,5 ons cabai rawit
  • 1 liter air
  • Botol semprot

Baca juga: Agar Tanaman Cabai Berbuah Lebat, Coba Pakai Garam Dapur

Masukkan cabai rawit dan bawang putih ke dalam blender untuk dihaluskan. Setelah itu, campurkan air sebanyak 1 liter.

Aduk larutan hingga tercampur rata. Diamkan selama 12 jam atau semalaman, kemudian saring dan masukkan ke dalam botol semprot.

Campur larutan dengan air bersih menggunakan perbandingan 1 larutan pestisida dan 5 air bersih.

Semprotkan pestisida cabai rawit dan bawang putih ke tanaman yang terserang hama kutu putih sebanyak tiga kali penyemprotan.

(Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.