Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Mino Raiola, Sang Super Agen di Dunia Sepak Bola

Kompas.com - 01/05/2022, 13:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari dunia sepak bola. Agen sepak bola, Mino Raiola, meninggal dunia. Kabar ini dikonfirmasi oleh pernyataan resmi keluarga melalui akun Twitter resmi Mino Raiola, Sabtu (30/4/2022) malam waktu Indonesia.

"Dalam duka yang tak terhingga, kami menyampaikan kepergian agen sepak bola paling luar biasa yang pernah ada," tulis pernyataan keluarga Mino Raiola.

Mino Raiola meninggal dunia karena sakit. Beberapa waktu terakhir, sosok yang dikenal sebagai agen sepak bola ternama ini memang tengah menjalani perawatan.

Baca juga: BREAKING NEWS - Agen Sepak Bola Mino Raiola Meninggal Dunia

"Kami berterima kasih kepada semua orang atas dukungan selama masa-masa sulit ini dan meminta untuk menghormati privasi keluarga dan teman-teman pada saat duka ini," demikian pernyataan keluarga Mino Raiola.

Profil Mino Raiola

Mino Raiola bukanlah sosok agen pemain sepak bola biasa. Ia dijuluki sebagai super agen karena menjadi agen dari pemain-pemain top dunia.

Saat ini beberapa pesepakbola yang diageni oleh Mino Raiola di antaranya adalah Paul Pogba (Manchester United), Erling Haaland (Borussia Dortmund), Gianluigi Donnarumma (Paris Saint-Germain), Zlatan Ibrahimovic (AC Milan), hingga Matthijs de Ligt (Juventus).

Kepiawaiannya dalam menjadi agen terlihat setiap bursa transfer sepak bola bergulir. Pemain-pemain yang berada di ‘naungan’ Mino Raiola banyak yang menjadi incaran klub-klub besar dan terjual dengan harga yang mahal.

Salah satu contohnya adalah Paul Pogba. Pada bursa transfer musim panas 2016, Manchester United rela mengeluarkan biaya hingga 89 juta paun atau sekitar Rp 1,5 triliun. Pembelian Pogba menjadi rekor pemain termahal dunia saat itu.

Baca juga: Profil Mino Raiola, Super Agen Pemain-pemain Mahal

Paul Pogba resmi berseragam Manchester United, Senin (8/8/2016). Dok. Manchester United Paul Pogba resmi berseragam Manchester United, Senin (8/8/2016).

Meski begitu, Mino Raiola juga dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Ia tak segan mengeluarkan kalimat yang membuat klub naik darah.

Bukan hanya klub, dia juga pernah berurusan dengan suporter fanatik AC Milan yang tak ingin melepas Gianluigi Donnarumma dari San Siro.

Awal karier Mino Raiola sebagai agen

Pria kelahiran 4 November 1967 ini mengawali kariernya sebagai agen dengan masuk ke sebuah agensi yang berbasis di Belanda, Sport-Promotion. Sebelum menjadi agen, Raiola adalah seorang penerjemah.

Lantaran kepandaiannya berkomunikasi ditambah kemampuan negosiasinya yang apik, Raiola berperan membawa pemain Belanda ke Italia, salah satunya adalah Dennis Bergkamp yang ditransfer dari Ajax Amsterdam ke Inter Milan pada tahun 1993.

Setelah beberapa tahun bekerja di Sport-Promotion, Raiola akhirnya memilih untuk membangun kariernya sendiri sebagai agen sepak bola.

Pemain pertama yang mampu ia ‘jual’ denga harga tinggi adalah legenda sepak bola Ceko, Pavel Nedved. Nedved dibawa Raiola dari Sparta Paha ke klub Italia, Lazio. Kemudian di musim panas 2001, Nedved dibeli oleh Juventus dengan harga yang tidak murah.

Baca juga: Mino Raiola: Ada Kemungkinan Pogba Kembali ke Juventus, tetapi...

Pavel Nedved saat membela Juventus pada laga pramusim menghadapi Borussia Dortmund di Stadion Signal Iduna Park, 27 Juli 2008.AFP/GETTY IMAGES/THORSTEN WAGNER Pavel Nedved saat membela Juventus pada laga pramusim menghadapi Borussia Dortmund di Stadion Signal Iduna Park, 27 Juli 2008.

Menderita sakit sejak awal Tahun 2022

Mino Raiola dilaporkan oleh media Jerman, BILD, menjalani perawatan intensif sejak awal tahun 2022. Kondisi Mino Raiola diklaim mulai memburuk dan kritis.

Mino Raiola mendapatkan perawatan intensif karena bermasalah dengan paru-parunya. Mino Raiola mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit San Raffaele di Milano, Italia.

Bahkan sempat muncul kabar Mino Raiola meninggal dunia pada Rabu (28/4/2022) malam WIB. Namun kabar tersebut langsung dibantah beberapa jam kemudian oleh Raiola melalui akun Twitternya.

Biodata Mino Raiola

  • Nama lengkap: Carmine Raiola
  • Nama akrab: Mino Raiola
  • Tempat lahir: Nocera Inferiore, Italia
  • Tanggal lahir: 4 November 1967

(Sumber:Kompas.com/Mochamad Sadheli | Editor: Mochamad Sadheli)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com