Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Puasa dengan Minum Kopi, Amankah Bagi Kesehatan?

Kompas.com - 24/04/2022, 17:47 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Waktu buka puasa merupakan saat yang paling ditunggu ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Banyak orang yang berbuka puasa dengan minuman yang manis, tak terkecuali kopi.

Bagi Anda yang menggemari kopi, hal ini mungkin jadi pertanyaan. Apakah buka puasa dengan minum kopi aman bagi kesehatan?

Pasalnya, ketika buka puasa perut masih dalam keadaan kosong sehingga kandungan yang terdapat pada secangkir kopi dikhawatirkan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Bolehkah minum kopi saat buka puasa?

Berbuka puasa dengan minum kopi sejatinya bukan hal yang terlarang. Namun ada panduan minum kopi saat buka puasa agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Perhatikan, Saat Sahur Tidak Disarankan Konsumsi Teh dan Kopi, Mengapa?

Dikutip dari Kompas.com (25/4/2020), Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi mengatakan, waktu berbuka puasa merupakan kondisi di mana perut kosong dan kadar gula rendah dalam tubuh.

Oleh karena itu, masyarakat yang menjalankan ibadah puasa disarankan mengonsumsi makanan manis dengan terkontrol.

"Sebenarnya yang diperlukan saat makan berbuka puasa yakni menggantikan peran kadar gula yang sudah rendah dengan segala sesuatu yang manis," ujar Inge.

Jika ingin minum kopi saat buka puasa, menurutnya harus dalam keadaan perut sudah terisi terlebih dahulu. Artinya, jangan jadikan kopi sebagai minuman pertama yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

"Kalau misalnya ingin kopi kekinian, ada beberapa orang yang tidak tahan kalau langsung minum kopi (saat berbuka), karena kopi itu bersifat asam, jadi janganlah, tapi, kalau dia sudah makan, dan istirahat dengan keadaan perut sudah terisi, boleh," imbuhnya.

Minum kopi lebih dari 2 cangkir setiap hari bisa meningkatkan tekanan darah.Nathan Dumlao Minum kopi lebih dari 2 cangkir setiap hari bisa meningkatkan tekanan darah.

Baca juga: Doyan Minum Kopi Saat Buka Puasa? Ini Saran dari Barista

Minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh masih diperbolehkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa asal tidak berlebihan, cukup satu gelas.

Lebih lanjut Ia menyarankan agar umat Muslim yang berpuasa untuk mengonsumsi jus buah, karena asupan buah mengandung gula alami tidak dicampur dengan pemanis buatan dan tidak berlebihan. Hal ini juga penting bagi masyarakat yang tengah menjalani program diet.

Kopi yang cocok diminum untuk buka puasa

Serupa dengan dr Inge, Professional Barista and Coffee Enthusiast, Robby Firlian mengatakan, kopi boleh diminum saat buka puasa dengan catatan sudah didahului makanan atau minuman lain.

"Biasanya selama bulan puasa itu kita buka dulu dengan yang manis-manis, baru minum kopi," kata Robby dikutip dari Kompas.com (13/4/2022).

Ia melanjutkan, ada dua jenis kopi yang umum ditemukan, yakni white coffee dan black coffee. Menurutnya, kopi yang aman dikonsumsi saat buka puasa adalah white coffee.

"Kalau untuk kopi pas buka puasa itu kita harus cari yang jenis white coffee dulu, yang tidak terlalu strong," kata Robby.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com