Rutin Minum Kopi Bisa Kurangi Risiko Depresi, Ini Alasannya

Kompas.com - 24/04/2022, 16:24 WIB

KOMPAS.com - Kopi merupakan minuman yang digemari banyak orang. Saat ini, kebiasaan minum kopi tidak hanya sebagai aktivitas kuliner saja tapi telah menjadi bagian dari gaya hidup.

Hal itu bisa dilihat dari kian menjamurnya kedai kopi di berbagai daerah. Selain itu, minum kopi ternyata juga punya banyak manfaat bagi tubuh.

Selama ini kopi dikenal sebagai penahan rasa kantuk saja. Padahal kopi mempunyai manfaat lain yang tidak kalah penting, yakni dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Sebuah penelitian menemukan khasiat minum kopi yang satu ini. Dr Alan Leviton dari Universitas Harvard melakukan tinjauan kepada orang yang rutin mengonsumsi kopi. Temuan itu membuktikan bahwa kopi mampu mengurangi risiko depresi.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental, Manfaat Minum Kopi yang Jarang Diketahui

"Fakta menunjukkan bahwa peminum kopi secara signifikan lebih kecil kemungkinan untuk mengalami depresi, daripada orang yang tidak meminum kopi," paparnya, sebagaimana dilansir dari Ncausa.

Bukan tanpa alasan rutin minum kopi bisa membantu mengurangi risiko depresi. Manfaat minum kopi bagi kesehatan mental tampaknya punya keterkaitan dengan sifat anti-inflamasi, anti-oksidatif dan mendorong produksi mikrobioma di dalam tubuh.

Penelitian tersebut dilakukan dengan mengevaluasi data lebih dari 100 studi independen selama lima tahun. Riset tersebut juga melibatkan 300.000 orang di seluruh dunia melalui Asosiasi Kopi Nasional AS (NCA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat bagi kesehatan mental dari kebiasaan minum kopi dapat dirasakan lebih optimal ketika seseorang mengonsumsi sekitar dua cangkir kopi perhari.

Di sisi lain, penelitian yang dilakukan oleh Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional Korea, konsumsi dua cangkir kopi per hari memiliki prevalensi depresi yang lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi.

Di Spanyol, sebanyak 14.000 mahasiswa diikutkan dalam riset terkait konsumsi kopi terhadap risiko depresi. Hasilnya, pada mereka yang meminum kopi lebih dari empat cangkir per hari, persentase pengurangan risiko depresi meningkat 20 persen secara klinis.

Baca juga: Kemenkes: Jika Mengantuk di Jalan Saat Mudik, Segera Istirahat, Jangan Minum Kopi

Ilustrasi wanita sedang mengalami depresi.jcomp/ Freepik Ilustrasi wanita sedang mengalami depresi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.