Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Ini Daftar Titik Rawan Macet di Tol Jagorawi saat Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 23/04/2022, 15:40 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Pada mudik Lebaran 2022 ini, tidak sedikit orang yang memilih mudik melalui jalur darat. Itu artinya, akan ada potensi kemacetan di jalan-jalan yang dilintasi oleh pemudik, tidak terkecuali jalan Tol.

Pemudik dari Jakarta dan sekitarnya perlu mewaspadai titik lokasi rawan macet saat arus mudik Lebaran di Tol Jagorawi arah Bogor atau Ciawi.

Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas di masa mudik Lebaran 2022, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola Ruas Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) telah melakukan persiapan pelayanan operasional jalan tol.

Baca juga: Ini Titik Rawan Macet di Tol Jagorawi Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Menurut General Manager Representative Office 1 JMT, Tri Wahyu Subekti, beberapa titik lokasi rawan macet saat arus mudik di Tol Jagorawi arah Bogor atau Ciawi adalah selepas Gerbang Tol (GT) Bogor 1 dan GT Ciawi 1, dengan rincian:

  • Di Km 7+200,
  • Di Km 13+000, dan
  • Di Km 36+400

Sedangkan untuk titik lokasi potensi kepadatan saat arus balik (arah Jakarta) berada di GT Ciawi 2, GT Sentul Selatan 2, Km 15+200 Simpang Susun (SS) Cimanggis arah Jakarta, Km 14+600, Km 8+800 Kanalisasi Pasar Rebo.

Kemudian di ruas Lingkar Luar Jakarta (JORR) E juga terdapat beberapa lokasi potensi kepadatan saat arus mudik (keluar Jakarta) yaitu di Ramp 3 Km 45+200 Cikunir dan Ramp 1 Km 46+200.

Sementara untuk lokasi potensi kepadatan saat arus balik (menuju Jakarta), bakal terjadi di GT Cikunir 4 dan GT Cikunir 6.

Baca juga: Daftar Titik Rawan Macet di Jawa Tengah Saat Mudik Lebaran 2022

Antisipasi kepadatan di Ruas Tol Jagorawi

Untuk mengantisipasi kemacetan, JMT berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), akan melakukan 2 rekayasa lalu lintas sebagai berikut:

  1. Ruas Jagorawi: penerapan contra flow di Km 17+200 sampai dengan 8+800 arah Jakarta dan Km 44+600-Km 46+400 khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi/Sukabumi.
  2. Ruas JORR E: jika terjadi kepadatan di Ramp 3 (Km 45+200) arah Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan meluruskan kendaraan dari arah Jati Asih keluar ke arah Pondok Kelapa.

Selanjutnya kendaraan harus menggunakan lajur kanalisasi yang telah disiapkan untuk dapat melakukan putar balik masuk kembali ke jalur utama melalui bukaan sementara yang telah disiapkan sebelum GT Kalimalang 2.

Kemudian kendaraan akan mengarah ke Cikampek/Bandung melalui Ramp 1 (KM 46+200). Pengguna jalan tidak perlu melakukan transaksi kembali saat melakukan putar balik tersebut.

Selain itu, pekerjaan pemeliharaan yang berpotensi menimbulkan kepadatan lalu lintas di jalan tol akan dihentikan sementara sejak (H-10) sampai dengan H+10 selama periode libur Lebaran.

Salah satu ruas Jalan Tol Jagorawi disekitar Kampung Makasar, Jakarta, Jumat (7/7). Titik awal pembangunan Tol Jagorawi di Jakarta dimulai titik di sekitar sungai yang dilintasi tol tersebut.

Kompas/Heru Sri Kumoro (KUM)
07-07-2017

untuk jalan-jalan metroHERU SRI KUMORO Salah satu ruas Jalan Tol Jagorawi disekitar Kampung Makasar, Jakarta, Jumat (7/7). Titik awal pembangunan Tol Jagorawi di Jakarta dimulai titik di sekitar sungai yang dilintasi tol tersebut. Kompas/Heru Sri Kumoro (KUM) 07-07-2017 untuk jalan-jalan metro

Berkaitan dengan pekerjaan penambalan lubang di jalan tol, penggantian lampu PJU dan pekerjaan pemenuhan SPM lainnya, tetap dilaksanakan dengan menyiagakan tim 24 jam serta penyiagaan pompa air di titik lokasi rawan genangan.

Baca juga: Daftar Titik Rawan Macet di Sumatera Saat Mudik Lebaran 2022

Peningkatan layanan juga dilakukan pada lokasi rest area, lokasi top up uang elektronik dan memastikan keberfungsiannya, penambahan fasilitas toilet portabel, melaksanakan perbaikan infrastruktur jalan serta area parkir kendaraan besar dan kecil, monitoring kebersihan rutin di rest area, pengaturan parkir kendaraan, serta memastikan ketersediaan BBM dan air bersih.

Dalam hal kesiapan layanan transaksi, JMT memastikan seluruh gardu tol dioperasikan secara maksimal serta pengoperasian mobile reader dan petugas bantu tapping untuk membantu mengurai antrean di gerbang tol.

Selain itu, akan dilakukan pengecekan secara rutin sarana penunjang transaksi seperti generator set, kelistrikan serta perangkat peralatan tol, agar memastikan keberfungsiannya 100 persen.

(Sumber:Kompas.com/Ade Miranti Karunia | Editor: Yoga Sukmana)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com