Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Buka Puasa dengan Kopi, Coba Resep Iced Latte

Kompas.com - 23/04/2022, 15:10 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai penggemar kopi, Anda mungkin pernah mendengar efek buruk minum kopi saat berbuka puasa.

Memang, kopi memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan air putih yang relatif aman dikonsumsi kapan saja, tak terkecuali saat buka puasa.

Dikutip dari Insider, minum kopi sebelum makan bisa berdampak negatif pada sistem pencernaan tubuh sejumlah orang. Minum kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung, terlebih apabila seseorang belum makan.

Jika Anda belum makan sesuatu, asam lambung ini dapat merusak lapirsan perut Anda dan menyebabkan gangguan pencernaan dan heartburn (rasa terbakar di dada). Hal itu juga berlaku untuk kopi tanpa kafein.

“Minum kopi saat perut kosong dapat membuat Anda gelisah, gemetar, dan efek buruk lainnya, termasuk perubahan suasana hati,” kata Dr. Adam Simon, kepala petugas medis di Push Doctor.

Baca juga: Mengapa Orang Indonesia Doyan Minum Kopi Susu?

Healthline juga melansir beberapa penelitian yang mengungkap rasa pahit kopi dapat merangsang produksi asam lambung, terlebih apabila seseorang belum makan.

Karena itu, banyak orang percaya bahwa minum kopi dapat mengiritasi lambung, memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), dan menyebabkan gejala heartburn, sakit maag, mual, refluks asam lambung, dan gangguan pencernaan.

Namun benarkah kita tidak boleh sama sekali mengkonsumsinya selama bulan Ramadhan?

Tips aman buka puasa dengan kopi

Professional Barista and Coffee Enthusiast, Robby Firlian, membagikan tips minum kopi saat buka puasa agar aman bagi tubuh.

"Biasanya selama bulan puasa itu kita buka dulu dengan yang manis-manis, baru minum kopi," kata Robby dalam acara virtual peluncuran Omela Foaming Milk Professional, Rabu (13/4/2022).

Ia melanjutkan, ada dua jenis kopi yang umum ditemukan, yakni white coffee dan black coffee.

Menurutnya, kopi yang aman dikonsumsi saat buka puasa adalah white coffee.

Baca juga: Resep Soto Ayam Ambengan, Masakan Berkuah untuk Buka Puasa

"Kalau untuk kopi pas buka puasa itu kita harus cari yang jenis white coffee dulu, yang tidak terlalu kuat," kata Robby.

Dikutip dari Wise Geek, white coffee biasanya dibuat dari biji kopi putih yang tidak dipanggang, melainkan dipanaskan dengan suhu rendah dalam waktu lama.

Warna akhir biji kopi kemudian menjadi pucat dan kecoklatan. Rasanya pun tidak terlalu pahit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com