Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Merek Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Manjur di Apotek

Kompas.com - 16/04/2022, 19:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Daftar merek obat sakit gigi paling manjur di apotek perlu diketahui oleh orang yang merasakan nyeri akibat Gigi berlubang dan membutuhkan obat untuk meredakannya.

Obat sakit gigi yang manjur di apotek diharapkan bisa segera meredakan rasa nyeri sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Pasalnya, gigi berlubang memang harus mendapatkan penanganan dokter gigi. Akan tetapi, banyak orang enggan mengunjungi dokter gigi karena sibuk atau takut.

Ada berbagai pilihan merek obat sakit gigi berlubang yang manjur di apotek, bahkan bisa didapat meski tanpa resep dokter gigi.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (12/4/2022), berikut ini daftar merek obat sakit gigi yang manjur di apotek:

Baca juga: PBNU dan Kimia Farma Salurkan Obat-obatan untuk Korban Gempa di Pasaman

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi berlubang yang bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter. Obat ini terkenal ampuh dan tersedia dalam berbagai jenis, seperti tablet, kapsul, dan suspensi.

Ibuprofen adalah obat pereda nyeri yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroidal.

Dosis ibuprofen untuk orang dewasa adalah 200 miligram yang dikonsumsi sebanyak tiga sampai empat kali sehari setelah makan.

Akan tetapi, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, atau ibu hamil.

2. Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen juga termasuk obat sakit gigi manjur yang bisa didapatkan di apotek.

Baca juga: Benarkah Obat Warung Ampuh Redakan Gejala Omicron Mirip Flu?

Obat ini relatif aman bagi semua kalangan, serta tidak memiliki efek yang terlalu tajam untuk lambung. Dosis paracetamol bagi orang dewasa adalah 500 miligram yang dikonsumsi setiap 6 jam sekali sesudah makan.

3. Asam menefamat

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi berlubang yang manjur di apotek. Obat dengan dosis dewasa sebanyak 500 miligram ini bisa diminum setiap 3 kali sehari setelah makan.

Hindari mengonsumsi obat ini jika memiliki gangguan ginjal dan hati atau memiliki riwayat sakit lambung dan saluran pencernaan.

4. Natrium diklofenak

Natrium diklofenak bisa menjadi pilihan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi berlubang. Natrium diklofenak memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan bisa meredakan sakit gigi berdenyut.

Konsumsi obat ini dengan dosis dewasa sebesar 50 miligram setiap 2 kali sehari setelah makan.

Merek obat sakit gigi berlubang yang manjur di apotek tersebut hanya meredakan nyeri untuk sementara. Untuk mencegah sakit gigi berlanjut, segera kunjungi dokter gigi untuk mengatasi penyebab sakit gigi.

(Penulis: Nadia Faradiba)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com