Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Kuis Hari Bumi Google, Ini Sejarah Peringatan Hari Bumi

Kompas.com - 19/03/2022, 08:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Dalam waktu sepekan terakhir ini, media sosial diramaikan oleh Kuis Hari Bumi Google. Warganet banyak mengunggah hasil dari Kuis Hari Bumi di akun media sosialnya masing-masing.

Kuis Hari Bumi versi Google ini terdiri dari beberapa pertanyaan yang bersifat personal. Pengguna internet yang ingin mengikuti Kuis Hari Bumi ini cukup menjawab sejumlah pertanyaan yang diberikan.

Nantinya, setelah semua pertanyaan dijawab, Google akan menganalisis jawaban tersebut dan menampilkannya dalam bentuk gambar hewan lengkap dengan penjelasan sifat-sifat yang dimilikinya.

Hewan-hewan dan penjelasan sifat-sifat itulah yang menarik perhatian dari warganet. Sebab, gambar hewan dari hasil Kuis Bumi Google ini terbilang unik dan menarik. Tidak sedikit juga pengguna media sosial yang mengedit hasil Kuis Bumi dengan gambar-gambar yang lucu.

Baca juga: Ramai Kuis Hari Bumi Google, Berikut Cara Main dan Link Aksesnya

Sejarah Hari Bumi

Viral di media sosial sejak Selasa (15/3/2022) lalu, tahukah kamu bahwa Hari Bumi tidak diperingati di bulan Maret?

Hari Bumi diperingati setiap tahunnya pada 22 April. Peringatan Hari Bumi atau Earth Day ini tidak lepas dari gerakan lingkungan modern yang terjadi pada tahun 1970.

Dilansir laman resmi Earth Day, Hari Bumi dicanangkan oleh aktivis lingkungan di Amerika Serikat (AS), Gaylord Nelson pada 1970. Di tahun 1960-an hingga 1970-an awal, AS mengalami gejolak ekonomi dan politik.

Bukan cuma itu, polusi udara juga terjadi di mana-mana, sebab pabrik-pabrik banyak menghasilkan asap dan lumpur yang tak terkontrol. Namun kala itu belum banyak orang yang sadar akan bahaya polusi udara bagi kesehatan.

Ilustrasi Hari BumiUnsplash/Guillaume De Germain Ilustrasi Hari Bumi

Akhirnya pada 1962, Rachel Carson menerbitkan buku berjudul Silent Spring yang menyoroti masalah lingkungan, terutama bahaya pestisida di pedesaan Amerika.

Buku tersebut berhasil memunculkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang sehat. Pada Januari 1969, mulai bermunculan aktivis-aktivis lingkungan, terlebih mereka menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California.

Salah satunya adalah Gaylord Nelson yang juga merupakan Senator. Ia sudah mengkhawatirkan memburuknya lingkungan di AS sejak lama.

Baca juga: Hari Bumi 22 April, Begini Sejarah Terbentuknya Earth Day

 

Pada 1969 Nelson memimpin gerakan lingkungan modern dan mengembangkan gagasan tentang Hari Bumi.

Nelson kemudian mengumumkan konsep Hari Bumi pada sebuah konferensi di Seattle, pada musim gugur tahun 1969. Dia mengundang seluruh masyarakat untuk terlibat.

Denis Hayes, seorang aktivis muda yang pernah menjabat sebagai presiden mahasiswa di Universitas Stanford, terpilih sebagai koordinator nasional Hari Bumi, dan dia bekerja dengan pasukan sukarelawan mahasiswa dan beberapa anggota staf dari kantor Senat Nelson untuk mengatur proyek tersebut.

“Hari Bumi berhasil karena respons spontan di tingkat akar rumput. Kami tidak punya waktu atau sumber daya untuk mengorganisir 20 juta demonstran dan ribuan sekolah dan komunitas lokal yang berpartisipasi. Itu adalah hal yang luar biasa tentang Hari Bumi. Itu mengatur dirinya sendiri," kata Nelson.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com