Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pagi Hari Jadi Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Kompas.com - 20/02/2022, 19:21 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Kopi merupakan minuman yang digemari oleh banyak orang. Seluruh lapisan masyarakat, baik itu tua maupun muda, suka minum kopi.

Terlebih saat ini menikmati secangkir kopi tidak hanya menjadi rutinitas tapi juga gaya hidup. Terbukti dari makin menjamurnya cafe dan coffee shop di berbagai tempat.

Biasanya, banyak orang yang meminum secangkir kopi di pagi hari, sebelum memulai aktivitas harian. Kopi dinikmati dengan pendamping makanan ringan seperti roti atau kue.

Tapi benarkah pagi hari menjadi waktu terbaik untuk minum kopi? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Waktu Terbaik Minum Kopi, Benarkah Pagi Hari?

Waktu terbaik untuk minum kopi

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein. Untuk mengonsumsi minuman-minuman yang memiliki kandungan kafein, waktu yang disarankan adalah dengan mengikuti ritme sirkadian. Apa itu?

Ritme sirkadian adalah sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stres (kortisol).

Kortisol ini yang dapat mengubah cadangan energi menjadi glukosa. Sehingga, meningkatkan kewaspadaan atau konsentrasi. Ketika tidak ada kortisol, tubuh akan menjadi hilang konsentrasi dan mengantuk.

Dilansir dari The Healthy, saat bangun pagi, tubuh manusia umumnya tinggi akan kortisol. Karena itu, minum kopi tidak lama setelah kita bangun pagi, tidak disarankan.

Sebab saat itu kadar kortisol berada pada puncaknya, yang mana malah akan menurunkan efek vitalitas dari kafein yang terdapat pada kopi.

Menyediakan makanan pendamping kopi bisa membantu menciptakan sesi ngopi yang lebih sempurna. Beberapa makanan pendamping kopi juga terbilang mengenyangkan, membuat kita lebih siap untuk beraktivitas.Unsplash/Nathan Dumlao Menyediakan makanan pendamping kopi bisa membantu menciptakan sesi ngopi yang lebih sempurna. Beberapa makanan pendamping kopi juga terbilang mengenyangkan, membuat kita lebih siap untuk beraktivitas.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

Selain itu menurut ahli saraf Steven L. Miller, yang dilansir dari Inc, meminum kopi saat kadar kartisol masih tinggi malah bisa melipatgandakan stres. Sebaliknya, jika minum kopi dilakukan ketika kadar kortisol sedang rendah, Anda bisa mengerjakan sesuatu tanpa gelisah.

Lalu, bagaimana jika kita ingin ngopi di pagi hari?

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kopi, beberapa ahli merekomendasikan untuk meminum kopi di pertengahan pagi atau paling tidak beri jeda 3-4 jam setelah kita bangun tidur.

Jelasnya seperti berikut:

Untuk kebanyakan orang yang bangun sekitar pukul 06.00 pagi, kadar kortisol naik pada pukul:

  • 08.00-09.00 pagi
  • 12.00-13.00 siang
  • 17.30-18.30 sore

Dengan mempertimbangkan siklus tersebut, Anda disarankan minum kopi saat level kortisol dalam tubuh sedang rendah, yakni:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com