Benarkah Pagi Hari Jadi Waktu Terbaik untuk Minum Kopi?

Kompas.com - 20/02/2022, 19:21 WIB

KOMPAS.com - Kopi merupakan minuman yang digemari oleh banyak orang. Seluruh lapisan masyarakat, baik itu tua maupun muda, suka minum kopi.

Terlebih saat ini menikmati secangkir kopi tidak hanya menjadi rutinitas tapi juga gaya hidup. Terbukti dari makin menjamurnya cafe dan coffee shop di berbagai tempat.

Biasanya, banyak orang yang meminum secangkir kopi di pagi hari, sebelum memulai aktivitas harian. Kopi dinikmati dengan pendamping makanan ringan seperti roti atau kue.

Tapi benarkah pagi hari menjadi waktu terbaik untuk minum kopi? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Waktu Terbaik Minum Kopi, Benarkah Pagi Hari?

Waktu terbaik untuk minum kopi

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein. Untuk mengonsumsi minuman-minuman yang memiliki kandungan kafein, waktu yang disarankan adalah dengan mengikuti ritme sirkadian. Apa itu?

Ritme sirkadian adalah sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stres (kortisol).

Kortisol ini yang dapat mengubah cadangan energi menjadi glukosa. Sehingga, meningkatkan kewaspadaan atau konsentrasi. Ketika tidak ada kortisol, tubuh akan menjadi hilang konsentrasi dan mengantuk.

Dilansir dari The Healthy, saat bangun pagi, tubuh manusia umumnya tinggi akan kortisol. Karena itu, minum kopi tidak lama setelah kita bangun pagi, tidak disarankan.

Sebab saat itu kadar kortisol berada pada puncaknya, yang mana malah akan menurunkan efek vitalitas dari kafein yang terdapat pada kopi.

Menyediakan makanan pendamping kopi bisa membantu menciptakan sesi ngopi yang lebih sempurna. Beberapa makanan pendamping kopi juga terbilang mengenyangkan, membuat kita lebih siap untuk beraktivitas.Unsplash/Nathan Dumlao Menyediakan makanan pendamping kopi bisa membantu menciptakan sesi ngopi yang lebih sempurna. Beberapa makanan pendamping kopi juga terbilang mengenyangkan, membuat kita lebih siap untuk beraktivitas.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

Selain itu menurut ahli saraf Steven L. Miller, yang dilansir dari Inc, meminum kopi saat kadar kartisol masih tinggi malah bisa melipatgandakan stres. Sebaliknya, jika minum kopi dilakukan ketika kadar kortisol sedang rendah, Anda bisa mengerjakan sesuatu tanpa gelisah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.