Awal Mula Cokelat Jadi Identik dengan Hari Valentine

Kompas.com - 13/02/2022, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 14 Februari banyak dirayakan orang sebagai Hari Valentine. Perayaan Hari Valentine yang disebut juga sebagai hari kasih saya ini banyak dirayakan oleh orang dari negara-negara barat, terutama Eropa.

Namun dalam perkembangannya, saat ini banyak juga orang-orang dari negara-negara di luar Eropa yang ikut merayakan Hari Valentine.

Salah satu hal yang paling identik dengan perayaan Valentine adalah cokelat. Bersama bunga, cokelat menjadi kado yang sering diberikan oleh pasangan ketika perayaan Hari Valentine.

Namun tahukah kamu bahwa perayaan Valentine pada mulanya tidak identik dengan cokelat? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Sejarah dan Tradisi Hari Valentine Sebagai Hari Kasih Sayang

Mengapa Hari Valentine identik dengan cokelat?

Seperti diberitakan Kompas.com (14/2/2021) yang melansir Smithsonian Magazine dan History.com, cokelat merupakan simbol kasih sayang, kenyamanan, dan sensualitas.

Di zaman dahulu, cokelat dianggap sebagai barang mewah yang hanya diperuntukkan bagi suku elit, yakni suku Maya dan suku Aztec.

Seiring perkembangan waktu, cokelat kemudian menyebar ke daratan Eropa sekitar tahun 1600-an. Namun saat itu, cokelat belum menjadi hal yang diidentikkan dengan perayaan Hari Valentine.

Kemudian di tahun 1840-an, Valentine diusulkan menjadi hari libur di sebagian besar wilayah Eropa. Untuk merayakan Valentine, seseorang biasanya akan memberikan hadiah ke pasangannya.

Ilustrasi buket cokelat untuk hamper valentine di Hei ChokoDok. Hesti Widyo Asih Ilustrasi buket cokelat untuk hamper valentine di Hei Choko

Baca juga: Kenapa Valentine Day Identik dengan Coklat?

Keterkaitan cokelat dengan Valentine itu sendiri tidak lepas dari sosok yang bernama Richard Cadbury, seorang keturunan keluarga produsen cokelat asal Inggris.

Untuk meningkatkan penjualannya, Cadbury melakukan inovasi pada produk cokelat yang dijual. Ia pun menambahkan mentega pada biji kakao untuk menghasilkan rasa cokelat yang lebih enak.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.