Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pilihan Jurusan Kuliah IPA dan IPS yang Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja

Kompas.com - 29/01/2022, 15:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Siswa kelas XII SMA/sederajat yang akan segera lulus akan dihadapkan pada pilihan untuk menentukan jurusan kuliah. Dalam memilih jurusan kuliah, banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi para siswa.

Mulai dari minat dan kemampuan, akreditasi, hingga prospek kerja yang akan didapatkan setelah lulus dari perguruan tinggi nanti. Terlebih dalam tahun-tahun mendatang, persaingan dunia kerja akan semakin ketat.

Banyaknya jenis pekerjaan baru akan diimbangi oleh jumlah calon pekerja yang terus bertambah. Belum lagi kemajuan teknologi yang memungkinkan tenaga mesin mengganti tenaga manusia.

Menurut prediksi World Economic Forum (WEF), mulai tahun 2025 mendatang diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Itu artinya, para mahasiswa yang nanti lulus dari perkuliahan harus meningkatkan skill agar tak mudah digantikan oleh mesin.

Namun demikian, masih terdapat sejumlah pekerjaan yang diyakini tidak lekang oleh waktu dan tetap banyak dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah IPA dan IPS yang Selalu Dibutuhkan Dunia Kerja

Seperti diberitakan Kompas.com (26/1/2022), setidaknya terdapat 10 jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan di dunia kerja, yakni sebagai berikut:

Jurusan kuliah IPA

1. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Kesehatan tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Itu artinya, tenaga kesehatan akan terus dibutuhkan selama manusia hidup di muka bumi.

Terlebih jika kita melihat pandemi Covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini. Akan sangat banyak dibutuhkan ahli-ahli kesehatan agar manusia bisa menghadapi pandemi ini dan mencegah datangnya pandemi lain di masa depan.

Itulah mengapa, lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat tetap banyak dibutuhkan hingga masa yang akan datang.

2. Farmasi

Seperti kedokteran dan kesehatan masyarakat, jurusan farmasi juga erat kaitannya dengan kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, dunia farmasi dan kesehatan terus menjadi industri yang sangat penting.

Namun farmasi bukan berarti fokus pada obat-obatan saja, industri kosmetik juga membutuhkan banyak lulusan farmasi.

Lulusan Farmasi akan bertugas untuk meracik, menganalisis, dan mengidentifikasi obat-obatan serta kosmetik yang sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

3. Keperawatan

Masih dari kesehatan, jurusan kuliah selanjutnya yang juga masih banyak dibutuhkan adalah perawat. Lulusan dari jurusan Keperawatan juga sangat dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Simak Syarat, Cara Daftar dan Keunggulan KIP Kuliah

4. Teknik Informatika (IT)

Teknologi yang terus berkembang dengan sangat cepat membuat jurusan Teknik Informatika menjadi favorit banyak orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com