Berapa Hari Sekali Sebaiknya Keramas yang Baik Menurut Kesehatan?

Kompas.com - 29/01/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagai penduduk yang tinggal di negara beriklim tropis, sering kali rambut kita terasa lengket dan berminyak. Ketika rambut terasa lengket dan berminyak, solusi termudah untuk mengatasinya adalah dengan keramas atau mencuci rambut.

Kebanyakan orang cenderung keramas dua hari sekali, namun ada juga yang keramas 1-2 kali seminggu. Bahkan tak sedikit orang yang bisa keramas sekali sehari karena rambut kerap terasa lepek setiap harinya.

Lalu seberapa sering rambut harus dikeramas?

Sebenarnya, tidak ada frekuensi yang pasti untuk menentukan seberapa sering rambut dikeramas.

Menurut dokter kulit di Kaiser Permanente, AS, Paradi Mirmirani dalam berita Kompas.com (9/8/2020), kebutuhan keramas berbeda-beda setiap orangnya.

Baca juga: Berapa Hari Sekali Kita Harus Keramas?

Banyak ahli yang memang menyarankan untuk keramas setiap 2-3 hari sekali. Namun tetap memperhatikan jenis rambut dan kebutuhan kulit kepala individu.

Menurut American Academy of Dermatology, rambut dengan tekstur ikal atau tekstur tertentu dianjurkan untuk keramas tidak lebih dari sekali dalam waktu 1-2 minggu, menurut American Academy of Dermatology.

Sebab, rambut dengan tekstur atau ikal bisa mengalami kekeringan dan kerusakan bila keramas lebih dari sekali dalam kurun waktu seminggu, menurut dokter kulit asal Amerika Serikat, Joshua Zeichner.

Bagi pemilik rambut berminyak, keramas terlalu sering dengan produk yang tidak sesuai justru dapat memicu siklus produksi minyak.
Dok Kerastase Bagi pemilik rambut berminyak, keramas terlalu sering dengan produk yang tidak sesuai justru dapat memicu siklus produksi minyak.

Faktor penentu frekuensi keramas

Berikut ini adalah lima faktor utama yang berpengaruh dalam menentukan berapa hari sekali rambut harus dikeramas:

Setidaknya ada yang ada lima faktor penting utama yang perlu diperhatikan untuk menentukan berapa hari sekali harus keramas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.