Ternyata Duku Palembang Bukan dari Palembang, dari Mana?

Kompas.com - 29/01/2022, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Di saat musim buah duku seperti sekarang ini, mungkin banyak Anda temui pedagang yang menjajakan buah duku Palembang.

Buah duku merupakan buah tropsi yang berasal dari Asia Tenggara dan banyak ditemukan di Indonesia.

Meskipun, nama buah duku yang banyak ditemukan dan paling terkenal di pasaran saat musimnya adalah duku Palembang, asal asli buah duku bukanlah dari Kota Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Lalu, dari mana asal asli buah duku Palembang?

Mengenai asal buah duku Palembang ini, Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr Awang Maharijaya pun menjelaskan ceritanya.

Menurut Awang, salah satu jenis buah duku unggulan di Indonesia memanglah duku palembang.

Namun, sebenarnya banyak juga jenis buah duku lainnya yaitu duku rasuan, duku kumpeh, dukumetesih, duku condet, dan duku sumber.

Baca juga: Duku Palembang Bukan dari Palembang, dari Mana Asalnya?

Nah, keberadaan unsur nama kota pada duku palembang, membuat jenis duku ini kerap dianggap berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.

Padahal, Awang mengatakan, duku palembang tidak sepenuhnya berasal dari Palembang.

"Duku palembang sebagian besar berasal dari daerah Komering yang berada sekitar 150 kilometer di barat Kota Palembang," kata Awang. Mengikuti daerah asalnya tersebut, duku palembang juga kerap dikenal dengan nama jenis duku komering.

Di daerah itu, tepatnya di dalam hutan di sekitar Sungai Komering, pohon duku palembang tumbuh subur, baik liar ataupun setengah liar.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.