4 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan sebelum Mengutang

Kompas.com - 26/01/2022, 09:44 WIB

KOMPAS.com - Dalam ilmu perencanaan keuangan, utang menjadi salah satu indikator penting yang menentukan kemerdekaan finansial (financial freedom) seseorang.

Sebab, salah satu ciri seseorang telah mencapai kemerdekaan finansial adalah terbebas dari utang, termasuk utang konsumtif.

Utang atau pinjaman dapat diartikan sebagai uang (tunai maupun non tunai) atau barang yang dipinjam oleh seseorang atau suatu entitas dari orang atau entitas lain.

Hampir semua orang atau entitas pernah berutang untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu.

Biasanya dilakukan ketika uang atau aset yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Baca juga: Millenial, Miliki Rumah Idaman dengan Fitur KPR Baru dari BTN

Namun utang bisa jadi bumerang bagi debitur (peminjam) jika tidak bijak dalam memanfaatkannya.

Oleh karena itu, debitur harus tahu apa tujuan ia berutang. Apakah utang tersebut untuk modal usaha, membeli rumah, membeli kendaraan pribadi atau liburan ke luar negeri.

Kemudian dana pinjaman yang diperoleh harus dialokasikan sesuai dengan keperluan yang sudah direncanakan. Jangan sampai digunakan untuk keperluan lain.

Kehati-hatian dari para debitur dalam mencari kreditur (pihak yang memberi utang) yang tepat juga diperlukan agar jangan sampai debitur merasa dirugikan oleh kreditur, seperti menjadi korban penipuan jasa pinjol ilegal atau terjerat utang rentenir dengan bunga yang lebih tinggi dari bunga bank.

Kredit vs Tunai

Secara teori, pengeluaran harus lebih kecil daripada pendapatan. Namun yang sering terjadi di kehidupan zaman modern malah sebaliknya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompasiana
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.