5 Film Animasi tentang Fenomena Sosial yang Menghibur dan Mendidik

Kompas.com - 24/01/2022, 10:21 WIB

KOMPAS.com - Film animasi selalu digemari masyarakat berbagai usia. Selain menjadi hiburan di kala suntuk, film animasi juga memiliki nilai edukasi yang bagus untuk anak-anak. 

Film animasi selalu memiliki tampilannya yang penuh warna dan kadang bisa menampilkan muatan drama yang berbeda dari film yang dibintangi aktor asli atau biasa disebut live action.

Selain itu, film animasi juga seakan lebih bebas menciptakan berbagai kondisi sureal dan mencampuradukkan antara sisi realistis dan fantasi tanpa harus terhalang oleh batasan apapun.

Segalanya bisa diciptakan dalam sebuah ruang berisi gambar bergerak, yang lantas dilengkapi oleh berbagai efek visual yang menarik, voice acting yang memukau, dan cerita yang tak jarang disampaikan secara memikat.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Produksi Film Animasi Toy Story Dimulai, Begini Ceritanya...

Namun selain daripada itu, dalam perkembangannya film animasi tak lagi hanya menampilkan sisi fantasi dalam sebuah cerita.

Ada berbagai macam pesan dan fenomena sosial yang kini mulai dimasukkan ke dalam ceritanya, di mana kemudian diolah sedemikian rupa agar tetap mudah dicerna penonton berusia muda.

Meskipun memang tak sedikit yang kemudian menjadikan film atau serial animasi tersebut lebih cocok dikategorikan sebagai adult animation karena konten cerita yang terlalu dewasa.

Ada beberapa hal yang menyebabkan film animasi saat ini tak hanya berfokus pada sebuah cerita petualangan yang magis, seru, dan mudah dicerna saja.

Namun juga menyertakan pesan sosial sekaligus fenomena sosial yang relatable dengan kondisi dunia saat ini bahkan mungkin hingga bertahun-tahun ke depan nanti.

Yang pertama adalah karena melalui film animasi, pesan dan fenomena sosial tersebut dapat disampaikan secara implisit sehingga bisa lebih mudah dicerna melalui cerita yang terbungkus ringan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompasiana
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.