Mulai 26 Januari, Bandara Halim Perdanakusuma Tutup Selama 3,5 Bulan

Kompas.com - 23/01/2022, 06:33 WIB
Pesawat tipe ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink melakukan proving flight atau penerbangan uji coba dari Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta ke Bandara Jenderal Besar Soedirman Enclave Sipil Lanud JB Soedirman (PWL) di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (1/4/2021). KOMPAS.COM/Dok Humas Pemkab PurbalinggaPesawat tipe ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink melakukan proving flight atau penerbangan uji coba dari Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta ke Bandara Jenderal Besar Soedirman Enclave Sipil Lanud JB Soedirman (PWL) di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (1/4/2021).

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan, mulai tanggal 26 Januari 2022, Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, akan ditutup sementara.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari rencana revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, yang aturannya tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2002.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, revitalisasi Bandara Halim dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

“Dengan dimulainya revitalisasi, Bandara Halim akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan,” kata dia, dalam keterangannya, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Tutup Mulai 26 Januari

Calon penumpang diminta hubungi pihak maskapai

Terkait dengan penutupan tersebut, Adita mengimbau kepada calon penumpang yang sudah memiliki tiket penerbangan untuk menghubungi pihak maskapai.

Ia bilang, Kemenhub sudah berkoordinasi dengan operator bandara dan semua maskapai untuk menangani pembatalan penerbangan, 'refund' tiket, pengalihan rute penerbangan, dan lain sebagainya.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah membeli tiket pesawat dengan keberangkatan melalui Bandara Halim, untuk menghubungi pihak maskapai agar dilakukan proses penanganan selanjutnya," tutur Adita.

Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma Tutup 3,5 Bulan Mulai 26 Januari, Ini Penyebabnya

Adapun revitalisasi di Bandara Halim Perdana Kusuma yang dilakukan berupa pembangunan di sisi udara maupun sisi darat, yakni meliputi penyehatan landas pacu (runway) dan landas hubung (taxiway), peningkatan kapasitas landas parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama.

Kemudian renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lainnya.

"Kami informasikan adanya penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma lebih awal agar seluruh pihak terkait siap untuk melakukan langkah-langkah penanganan dan dampak dari adanya penutupan tersebut," ucap Adita.

(Sumber : Kompas.com Penulis Rully R. Ramli | Editor Aprillia Ika)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.