4 Tempat Wisata Gurun Pasir di Indonesia, Tak Perlu Ke Luar Negeri

Kompas.com - 22/01/2022, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki sejumlah gurun pasir yang tak kalah cantiknya dengan yang ada di Mesir?

Tak perlu jauh-jauh ke Gurun Gobi atau Sahara, lokasi gurun-gurun pasir ini tersebar di Nusantara.

Anda bisa mengunjungi lokasi gurun pasir terdekat dari tempat tinggal tanpa pusing memikirkan visa maupun biaya karantina perjalanan internasional.

Salah satu gurun pasir di Indonesia yang sudah lama populer di masyarakat ialah Gumuk Pasir Parangkusumodi provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Simak beberapa lokasi gurun pasir lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga berikut ini:

Baca juga: Selain Gurun Pasir Telaga Biru, Bintan akan Kembangkan Desa Wisata

1. Gumuk Pasir Parangkusumo (Yogyakarta)

Atraksi wisata berseluncur di atas pasir (sandboarding) gumuk pasir Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/8/2015).KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Atraksi wisata berseluncur di atas pasir (sandboarding) gumuk pasir Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/8/2015).

Gumuk Pasir di Yogyakarta ini merupakan salah satu gurun pasir di Indonesia yang paling tersohor di kalangan wisatawan. Apalagi ditambah fakta bahwa hanya ada segelintir saja gumuk pasir atau sand dune di dunia.

Tak heran jika destinasi yang berlokasi di Kabupaten Bantul ini jadi kebanggaan warga Yogyakarta.

Dilansir dari Kompas.com (03/11/2016), aktivitas populer yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo adalah sandboarding.

Kepada Kompas.com, pemandu Jogja Geowisata, Ikramullah Sultana menjelaskan bahwa tipe gumuk pasir di sana adalah tipe barchan atau memiliki ketinggian 5-15 meter.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.