Bukan Hanya soal Uang, Ini 4 Investasi Terbaik bagi Kaum Milenial

Kompas.com - 19/01/2022, 09:48 WIB


KOMPAS.com - Kunci utama untuk berterima kasih kepada diri sendiri di masa senja adalah berinvestasi sejak muda.

Berinvestasi sejak usia muda sangat penting untuk menggapai masa depan cerah, terutama bagi kaum milenial dan Z yang saat ini sudah menginjak umur 20 tahun ke atas.

 

Selain itu, berinvestasi sejak dini juga dibutuhkan untuk mengatasi sebuah fase transisi hidup atau quarter life crisis yang kerap dialami oleh hampir semua generasi milenial dan Z.

Namun investasi tidak hanya melulu tentang uang. Ada investasi jenis lain yang juga sangat penting dalam mempersiapkan diri menuju tantangan ke depan.

Quarter life crisis

Menurut Indrianie dalam buku Survive Menghadapi Quarter Life Crisis (2020), quarter life crisis pada dasarnya adalah suatu fase yang menandakan awal mula transisi hidup seseorang dari masa remaja menuju dewasa.

Fase quarter life crisis menurut para ahli di bidang developmental psychology yang dikutip Indrianie (2020) ditandai dengan sejumlah perubahan dan perkembangan fungsi kerja otak, terkhususnya pada bagian otak frontal lobe dan prefrontal cortex.

Baca juga: Mahasiswa yang Baru Lulus Sarjana Bakal Alami Fresh Graduate Syndrome, Apa Itu?

Perubahan dan perkembangan fungsi kerja otak inilah yang menandai awal mula dari transisi hidup seseorang menuju dewasa, yang akhirnya juga ikut mempengaruhi perubahan mereka dalam cara berpikir, sikap dan pengambilan keputusan.

Seiring dengan terjadinya perubahan secara natural pada fungsi kerja otak, secara sadar atau tidak kita juga akan mengalami banyak hal “aneh” menurut diri kita sendiri, atas semua sikap dan perilaku yang terjadi.

Misalnya, kita sering merasa galau, mencoba untuk bisa menahan emosi; mulai bersepakat dengan diri sendiri dan sejumlah masalah lainnya.

Salah satu hal yang tak luput dari persoalan fase quarter life crisis adalah perencanaan hidup di masa depan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompasiana
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.