Studi: Kebiasaan Membersihkan Tempat Tidur Berpotensi Menjadi Jutawan

Kompas.com - 18/01/2022, 19:52 WIB

KOMPAS.com - Membersihkan tempat tidur adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang sederhana. Tidak butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Namun, tidak semua orang terbiasa membersihkan tempat tidurnya di pagi hari. Hal itu mungkin karena pemikiran seperti "Nanti malam tidur di tempat tidur yang sama, untuk apa repot-repot merapikannya? Nanti juga berantakan lagi."

Ya, memang benar. Nanti malam juga tidur di tempat tidur yang sama, yang paginya juga akan berantakan ketika bangun.

Namun, tahukah Anda ternyata membersihkan tempat tidur bukan hanya persoalan estetika.

Membersihkan tempat tidur secara psikologis, jauh di bawah alam sadar Anda, ternyata memiliki efek membuat hari Anda lebih baik dan lebih produktif. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Baca juga: Ketika Masyarakat Pontianak Terbiasa Bertaruh Nyawa di Sampan

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2017 oleh YouGov, sebuah perusahaan yang fokus dalam riset pasar dan analisis pasar, guna menemukan berapa banyak masyarakat Amerika Serikat yang merapikan tempat tidurnya setelah bangun tidur.

Ditemukan bahwa 37 persen dari mereka "selalu" merapikan tempat tidurnya, kemudian diikuti dengan "sering" (19 persen), "kadang-kadang" (20 persen), "jarang" (14 persen), dan "tidak pernah" (7 persen).

Pentingnya lakukan hal-hal kecil dalam hidup

Sebuah buku berjudul "Make Your Bed: Little Things Can Change Your Life.. and Maybe the World" karya William H McRaven menjelaskan manfaat dari membersihkan tempat tidur untuk hidup kita.

William H McRaven adalah mantan laksamana bintang empat Angkatan Laut Amerika Serikat. Setelah pensiun dari AL, ia juga pernah menjabat sebagai rektor di Universitas Texas, salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat.

Ia bahkan pernah disebut-sebut sebagai nominasi Menteri Pertahanan Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menjabat, namun posisi tersebut diberikan kepada Lloyd Austin.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompasiana
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.