5 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Kompas.com - 16/01/2022, 19:50 WIB

KOMPAS.com - Tidak sedikit orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan melakukan diet ketat. Seperti mengatur menu dan mengurangi porsi makanan secara ekstrem dan sama sekali tidak mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu.

Melakukan diet secara ekstrem justru malah bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Padahal, untuk menurunkan berat badan, ada cara yang bisa dilakukan tanpa perlu “menyiksa” tubuh terlebih dahulu.

Dilansir dari Good To Know, ada cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan tanpa perlu menyiksa tubuh, tanpa Anda harus diet mati-matian dan berpantang makan. Metode ini memang tak bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat seperti metode diet.

Baca juga: Ini Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet, Sudah Terbukti Secara Ilmiah

Namun cara ini bisa menjaga berat badan tetap stabil alias tak semakin naik, sekaligus bisa menyusut lemak sedikit demi sedikit.

Berikut ini tips menurunkan berat badan tanpa perlu melakukan diet ketat.

1. Makan lebih banyak protein

Cara yang pertama adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Menurut David Stache, ahli gizi dari Amerika Serikat, mengudap makanan yang mengandung banyak protein bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health juga menyatakan hal yang sama, bahwa mengonsumsi protein lebih bisa membuat perut kenyang sepanjang hari dibanding mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan lemak.

Jadi di sela-sela makan pagi, makan siang dan makan malam, konsumsilah kudapan yang mengandung banyak protein agar tak mudah lapar.

2. Jangan menyimpan kudapan manis di dalam rumah

Salah satu godaan terbesar dalam upaya menurunkan berat badan adalah kudapan-kudapan manis. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, sebaiknya Anda tidak membeli kudapan manis dan menyimpannya di dalam rumah.

Kudapan manis di dalam rumah selalu bisa menggoda mulut dan perut ketika Anda tengah bersantai terutama di malam hari.

Baca juga: 3 Cara Jaga Capaian Penurunan Berat Badan Jadi Permanen

Banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.PEXELS/CATS COMING Banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan rempah-rempah (kunyit dan jahe) yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menjadi salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.