Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah di Amerika Serikat? Cek Beasiswa S1 di University of Kansas Ini

Kompas.com - 16/01/2022, 15:51 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.com - University of Kansas, Amerika Serikat, membuka peluang beasiswa kepada pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi jenjang S1 pada tahun 2022.

University of Kansas merupakan salah satu universitas unggulan di Amerika Serikat yang termasuk dalam R1 Doctoral Universities dengan aktivitas riset yang sangat tinggi.

Berdiri pada tahun 1865, University of Kansas menawarkan lebih dari 190 bidang studi dan memiliki jumlah alumni yang tersebar di seluruh dunia.

Sejumlah tokoh terkenal seperti Brian McClendon selaku penemu Google Earth dan Paul Rudd sebagai pemeran tokoh Ant-Man dari Marvel Superheroes juga merupakan alumni dari University of Kansas.

Apa saja keuntungan berkuliah di Negeri Paman Sam dan bagaimana syarat mendaftar beasiswa S1 di University of Kansasi ini?

Baca juga: Khusus Bonek Persebaya, Ada Beasiswa Kuliah di Universitas Muhammadiyah Surabaya

Alasan memilih studi di Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi salah satu negara favorit untuk melanjutkan pendidikan tinggi bagi mahasiswa internasional.

Selain karena mutu pendidikannya yang berkualitas tinggi, Amerika Serikat merupakan negara maju dari segi ekonomi, politik, dan teknologi, termasuk perusahaan besar dunia seperti Apple, Google, Microsoft, Citibank, dan Wall Street Journal.

Tinggal dan kuliah di University of Kansas yang berlokasi di kota Lawrence, menawarkan banyak keuntungan bagi pelajar.

Kota Lawrence adalah kota perguruan tinggi dengan biaya hidup yang sangat terjangkau dan juga sebagai pusat berkembangnya kesenian, budaya, dan teknologi di Amerika Serikat.

Sementara pada pemeringkatan dunia, University of Kansas menempati peringkat Top 125 untuk kategori Best National Universities menurut US News and World Report 2021.

University of Kansas juga termasuk dalam Association of American Universities (AAU), yaitu organisasi perkumpulan 66 universitas bergengsi di Amerika Serikat dan Kanada yang sangat fokus dalam bidang riset dan penelitian.

Beberapa anggota universitas lainnya seperti Harvard, Stanford, MIT, Columbia, dan University of California Systems juga tergabung di dalam AAU.

Sejumlah jurusan yang menjadi unggulan di University of Kansas adalah Architecture, Engineering, Computer Science, Pharmacy, Nursing, Business Analytics, Law, dan Medicine yang termasuk dalam peringkat Top 100 di Amerika Serikat maupun dunia.

Baca juga: Skor TOEFL Tidak Tinggi? Bisa Coba Daftar Beasiswa ke 3 Negara Ini

Cakupan beasiswa

Saat ini, University of Kansas menawarkan program beasiswa Academic Excellence Scholarship untuk program S1 berupa:

Potongan biaya kuliah hingga USD 9.000 per tahun, di mana total jumlah beasiswa yang didapatkan hingga senilai USD 36.000 atau sekitar Rp 515 juta untuk 4 tahun kuliah.
Penerima beasiswa bisa mencari tambahan beasiswa lainnya dengan aktif mencari informasi dari departemen atau organisasi lain di dalam kampus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com