Ubah Limbah Kopi Jadi Kompos hingga Bahan Perawatan Kulit

Kompas.com - 16/01/2022, 07:32 WIB
Kopi Unsplash/Michael c A3K6lKKopi

KOMPAS.com - Limbah kopi dianggap sebagai bahan sisa, namun jika dikelola dengan baik, banyak manfaat dan kegunaannya dalam kehidupan. Banyak petani belum memanfaatkan limbah kopi secara optimal.

Limbah kopi dapat dimanfaatkan menjadi sumber daya yang memiliki nilai ekonomi.

Pendiri Catur Coffee Company dan So So Good Coffee Company, serta perwakilan Indonesia di Kejuaraan Barista Dunia Mikael Jasin menyatakan komitmennya untuk melindungi sumber daya alam yang terkena dampak produksi kopi.

Mikael dan timnya berkomitmen untuk melaksanakan program pengelolaan limbah industri kopi dari hulu hingga hilir.

“Menurut saya, limbah kopi merupakan salah satu agen perubahan yang dapat memberikan dampak bagi industri kopi dan industri lainnya di Indonesia, salah satunya dengan menerapkan ekonomi sirkular,” kata Mikael dalam keterangan resmi, Sabtu (15/1/2022).

“Saya berharap dengan penerapan pengelolaan limbah kopi yang saat ini sedang digarap, dapat mendorong para pelaku industri kopi lainnya di Indonesia untuk mengoptimalkan kegunaan biji kopi," jelasnya.

Baca juga: Limbah Kopi Dapat Dimanfaatkan Jadi Beragam Sumber Daya Bernilai Tinggi

Pada awal Januari 2022, Catur Coffee Company bermitra dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) untuk mengembangkan program pemberdayaan petani kopi dan kakao untuk meningkatkan kualitas kopi dan pengelolaan limbah dari proses pertanian dan pasca panen.

Catur Coffee Company dan So So Good Coffee Company akan membantu petani kopi dan kakao untuk mengaplikasikan starter khusus untuk fermentasi dan pengelolaan limbah menggunakan metode mycoremediation, yang dimaksudkan untuk mengolah limbah cair dari tempat pencucian kopi.

Berikut ini manfaat limbah kopi yang bisa diubah menjadi bahan bermanfaat:

Kompos

Petani juga akan mendaur ulang kulit ceri kopi untuk diolah menjadi kompos untuk kebun kopi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.