Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Orang Terkaya di Indonesia karena Bisnis Batu Bara

Kompas.com - 15/01/2022, 17:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa pengusaha batu bara yang termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah mengatakan, banyak orang kaya di Indonesia yang berasal dari sektor pertambangan.

Sumber daya pertambangan di Indonesia memang sangat berlimpah, termasuk batu bara. Oleh sebab itu, Indonesia termasuk negara pengekspor batu bara terbesar di dunia.

Tingginya konsumsi batu bara di dunia tentu mendatangkan keuntungan bagi para pemilik perusahaan tambang batu bara di Indonesia.

Forbes pun telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada Desember 2021 lalu. Beberapa nama yang tertera dalam daftar tersebut merupakan pengusaha batu bara.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (8/1/2022), berikut ini 7 orang terkaya di Indonesia karena bisnis batu bara:

Baca juga: Cerita Bill Gates dari Indonesia, Otto Toto Sugiri Miliarder Teknologi Masuk Jajaran Orang Terkaya

1. Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat adalah salah satu orang terkaya di Indonesia karena bisnis batu bara. Bahkan, pria yang akrab disapa Teddy ini adalah pengusaha yang terbilang senior di industri tambang batu bara.

Selepas menjadi CEO Astra International, Teddy mendirikan perusahaan bernama Triputra Group yang memiliki bisnis batu bara lewat anak perusahaannya, Padang Karunia Group.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2002 itu banyak beroperasi di wilayah Kalimantan Selatan. Kapasitas produksinya bahkan disebut telah mencapai 15 juta ton per tahun.

Pengusaha berusia 78 tahun ini menempati urutan 15 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Jumlah kekayaan bersihnya mencapai 3,1 miliar dollar AS atau sekira Rp44,41 triliun (kurs Rp14.326).

2. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir adalah kakak dari Menteri BUMN, Erick Thohir. Kepemilikan saham di PT Adaro Energy menjadi salah satu sumber terbesar kekayaannya. Adaro adalah perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia saat ini.

Baca juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia, Hartono Bersaudara Masih yang Teratas

Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini menempati posisi 17 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Total kekayaannya tercatat sebesar 2,6 miliar dollar AS atau sekira Rp37,24 triliun.

3. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong adalah pemilik salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia, Bayan Resources.

Lahan tambang yang dikuasai perusahaan tersebut tersebar di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Low Tuck Kwong menempati posisi 18 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan jumlah kekayaan sebesar 2,5 miliar dollar AS atau setara Rp35,81 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com