7 Orang Terkaya di Indonesia karena Bisnis Batu Bara

Kompas.com - 15/01/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Terdapat beberapa pengusaha batu bara yang termasuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah mengatakan, banyak orang kaya di Indonesia yang berasal dari sektor pertambangan.

Sumber daya pertambangan di Indonesia memang sangat berlimpah, termasuk batu bara. Oleh sebab itu, Indonesia termasuk negara pengekspor batu bara terbesar di dunia.

Tingginya konsumsi batu bara di dunia tentu mendatangkan keuntungan bagi para pemilik perusahaan tambang batu bara di Indonesia.

Forbes pun telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada Desember 2021 lalu. Beberapa nama yang tertera dalam daftar tersebut merupakan pengusaha batu bara.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Sabtu (8/1/2022), berikut ini 7 orang terkaya di Indonesia karena bisnis batu bara:

Baca juga: Cerita Bill Gates dari Indonesia, Otto Toto Sugiri Miliarder Teknologi Masuk Jajaran Orang Terkaya

1. Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat adalah salah satu orang terkaya di Indonesia karena bisnis batu bara. Bahkan, pria yang akrab disapa Teddy ini adalah pengusaha yang terbilang senior di industri tambang batu bara.

Selepas menjadi CEO Astra International, Teddy mendirikan perusahaan bernama Triputra Group yang memiliki bisnis batu bara lewat anak perusahaannya, Padang Karunia Group.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2002 itu banyak beroperasi di wilayah Kalimantan Selatan. Kapasitas produksinya bahkan disebut telah mencapai 15 juta ton per tahun.

Pengusaha berusia 78 tahun ini menempati urutan 15 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Jumlah kekayaan bersihnya mencapai 3,1 miliar dollar AS atau sekira Rp44,41 triliun (kurs Rp14.326).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.